Tuesday, April 27, 2010

List Anime Yang Uda Pernah Di Tonton (Part 1)

Lagi gak ada topik mao buat apaan.. karena sibuk juga ama urusan laen..
jadi iseng aja gw tulis topik ginian.. demi memenuhi tuntutan post dari admin.

Diurutkan acak berdasarkan yg diinget di kepala saat tulisan ini dibuat:

- FullMetal Alchemist Brotherhood (2009)
- FullMetal Alchemist (2003)
- Rurouni Kenshin
- Bleach (long time ago)
- Dragon Ball KAI
- Higashi No Eden
- Samurai 7
- Naruto (long time ago)
- Kurokami (on schedule in watchlist)
- Mushisi (stopped at ep10)
- Samurai Champloo (on schedule in watchlist)
- Gundam Wing
- Gundam Seed
- Gundam Seed Destiny
- Gundam 00 Season 1 & 2
- Code Geass Hangyaku no Lelouch Season 1 & 2
- Koukaku No Regios (Chrome Shelled Regios)
- Neon Genesis Evangelion
- Bamboo Blade
- Tales of Abyss
- Whistle
- Dragon Ball GT OVA1 & 2
- Prince of Tennis (after Tv series End)

Banyak juga ternyata.. kayanya seh ada yg kurang.. ntar ditambah di Part berikutnya + review dikit ,,mungkin..

Ket : yg di bold itu ditandai bagus menurut penilaian gw.. (yg paling ngena di hati..lot of meaningful note in the movies) tapi bukan berarti yg lain jelek.. standart lah gitu.. hehe 

by : Yosep G

Wednesday, April 21, 2010

Alasan Pluto Dicopot Gelarnya Sebagai Planet

Siapa sih yang gak tau planet Pluto? kita sering mendengar dan telah mendapat pelajaran tentang sistem tata surya sewaktu SMP mengenai Pluto sebagai planet ke-9.

Tapi tahukah anda bahwa sekarang planet Pluto telah dicopot gelarnya (cie ilee gelar) sebagai planet?
Bagi anda yang sudah tau, maka anda tidak perlu membaca lagi artikel ini. Tapi bagi yang belum dan ingin tau lebih banyak, ada baiknya anda membaca artikel ini.

Mulai 24 Agustus 2006 jangan pernah terpeleset mengucapkan Planet Pluto lagi. Karena sejak hari itu, Pluto sudah diputuskan tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai planet.

Sidang Umum Himpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU) Ke-26 di Praha, Republik Ceko, menghasilkan keputusan bersejarah dalam dunia astronomi dengan mengeluarkan Pluto dari daftar planet-planet di Tata Surya kita. Mulai sekarang, anggota Tata Surya hanya terdiri dari delapan planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Keputusan mengeluarkan Pluto yang sudah menjadi anggota Keluarga Planet Tata Surya selama 76 tahun merupakan konsekuensi ditetapkannya definisi baru tentang planet. Resolusi 5A Sidang Umum IAU Ke-26 berisi definisi baru itu.

Dalam resolusi tersebut dinyatakan, sebuah benda langit bisa disebut planet apabila memenuhi tiga syarat :

1. Mengorbit Matahari.
2. Berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat.
3. Memiliki jalur orbit yang jelas dan "bersih" (tidak ada benda langit lain di orbit tersebut).


Definisi tersebut adalah definisi universal pertama tentang planet sejak istilah planet dikenal di kalangan astronom, bahkan sebelum era Nicolaus Copernicus yang tahun 1543 membuktikan Bumi adalah salah satu planet yang berputar mengelilingi Matahari.

Dengan definisi baru tersebut, Pluto tidak berhak menyandang nama planet karena tidak memenuhi syarat yang ketiga. Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Pluto kadang berada lebih dekat dengan Matahari dibandingkan Neptunus.

Pluto kemudian masuk dalam keluarga baru yang disebut planet kerdil atau planet katai (dwarf planets). Keluarga ini beranggotakan Pluto dan benda-benda langit lain di Tata Surya yang mirip dengan Pluto, termasuk di dalamnya asteroid terbesar Ceres, satelit Pluto, Charon, dan beberapa benda langit lain yang baru saja ditemukan.


Menurut Direktur Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat, Dr Taufiq Hidayat, keputusan Sidang Umum IAU tersebut adalah puncak perdebatan ilmiah dalam astronomi yang sudah berlangsung sejak awal 1990-an lalu. Perdebatan tersebut dipicu berbagai penemuan baru yang menimbulkan keraguan apakah Pluto masih layak disebut planet atau tidak.

"Karakteristik Pluto memang berbeda dengan planet-planet lainnya. Bahkan komposisi kimianya lebih menyerupai komet daripada planet," ungkap astronom yang mendalami bidang ilmu-ilmu planet ini.

Selain itu, perkembangan teknologi teleskop juga membawa pada penemuan berbagai benda langit yang masuk dalam kelompok Obyek Sabuk Kuiper (Kuiper Belt Object/KBO). Sabuk Kuiper sendiri adalah sebutan untuk wilayah di luar orbit planet Neptunus hingga jarak 50 Satuan Astronomi (SA/1 Satuan Astronomi = jarak rata-rata Matahari-Bumi, yakni sekitar 149,6 juta kilometer) dari Matahari.

Beberapa KBO(kuiper Black Object) sangat menarik perhatian karena berukuran hampir sama atau bahkan lebih besar daripada Pluto (diameter 2.300 km) dan ada yang memiliki satelit atau "bulan".

Beberapa obyek tersebut, antara lain, Quaoar (diameter 1.000 km-1.300 km), Sedna (1.180 km- 1.800 km), dan yang paling terkenal adalah obyek bernama 2003 UB313 yang ditemukan Michael Brown dari California Institute of Technology (Caltech) pada 2003 lalu.


Obyek yang dijuluki Xena tersebut memiliki diameter 2.400 km, yang berarti lebih besar daripada Pluto. Xena sempat dihebohkan sebagai planet ke-10 Tata Surya.

Sejak saat itu, lanjut Taufiq, terjadi perbedaan pendapat di kalangan astronom. "Pilihannya adalah memasukkan Ceres, Charon, dan 2003 UB313 ke dalam keluarga planet sehingga jumlah planet menjadi 12, atau mengeluarkan Pluto. Akhirnya pilihan kedua yang disepakati," tutur mantan Ketua Jurusan Astronomi Institut Teknologi Bandung ini.


Kesepakatan itu sendiri bukannya datang dengan mudah. Taufiq mengatakan, pengambilan keputusan itu bahkan dicapai dengan cara pemungutan suara di antara para anggota IAU yang hadir setelah didahului perdebatan yang sangat sengit.

Empat astronom senior dari Indonesia turut serta dalam Sidang Umum IAU tersebut, yakni Jorga Ibrahim, Iratius Radiman, Suryadi Siregar, dan Ny Permana Permadi.

Beberapa pihak memprediksi debat mengenai status Pluto tidak akan berakhir di sini. Alan Stern, ketua misi pesawat ruang angkasa NASA, New Horizon, yang diluncurkan ke Pluto, Januari lalu, mengaku merasa "malu" terhadap keputusan itu. Meski demikian, misi senilai 700 juta dollar AS dan baru akan tiba di Pluto pada 2015 itu tetap akan dilanjutkan. "Ini benar-benar sebuah definisi yang ceroboh."

Pencopotan Gelar Pluto Sebagai Planet

Wajar saja pencopotan gelar planet dari Pluto memicu reaksi yang emosional. Pluto selama ini memiliki tempat tersendiri di hati para astronom, baik yang profesional maupun amatir. Pluto sering dianggap "Si Bungsu dari Tata Surya" karena jaraknya yang terjauh dari Matahari dan ditemukan paling akhir dibandingkan delapan planet lainnya.


Orbit Pluto yang sangat lonjong dan tidak sejajar dengan bidang lintasan planet lainnya juga membuat planet ini unik. Pluto juga sempat dianggap sebagai jawaban dari misteri Planet X, sebuah planet hipotetis yang diduga ada di luar orbit Neptunus dan menyebabkan gangguan pada orbit planet Uranus dan Neptunus.

Meski ukuran Pluto kemudian terbukti terlalu kecil untuk menjadi Planet X, dugaan tersebut menjadi bagian dari legenda Pluto.

Saturday, April 17, 2010

Notasi Regular Expression / Regex

Mao coba buat catetan tentang notasi regular expression ah..

Ada yang belum tau regular expression/ Regex (bahasa singkatnya) ?
Regex adalah sebuah pattern matching, yaitu notasi yang digunakan untuk mencocokkan teks dan data, dan memanipulasinya. Biasanya lebih sering digunakan untuk string.
Contoh: validasi input email/password, searching, replace.
Dengan menggunakan Regex, kita dapat dengan mudah menemukan pola karakter spesifisik dari sejumlah teks. Kita juga dapat dengan mudah mengganti, memodifikasi atau menghapus suatu substring dengan cepat dan akurat sesuai dengan Regex yang telah kita buat.


----------
Assertion
----------
^ = awal kata
$ = ahkir kata
\b = batas kata
\B = batas non kata


-----
Atom
-----
. = sembarang karakter kecuali newline
[] = salah satu karakter yang di dalam kurung
[^ ] = bukan salah satu karakter yang di dalam kurung
| = kemunkinan dari suatu string
() = sembarang regular experssion yang cocok

----------
Quantifier
----------
* = nol atau lebih instan atom
+ = satu atau lebih instan dari atom
? = nol atau satu instan dari atom
{n} = n instan dari atom
{n,} = sedikitanya n instan dari atom
{n,m} = sedikinya n dan paling banyak m
n-m = n sampai m


------------------------
Symbol / karakter khusus
------------------------
\d = sembarang digit
\D = sembarang non digit
\n = newline
\r = carriage return
\t = tab
\f = formfeed
\s = karakter white space
\S = karakter non white space
\w = alfanumerik
\W = karakter non alfanumerik


Sekarang coba penerapannya dalam code (PERL n PHP)

PERL:

#!/usr/sbin/perl
$url = "http://yosepgustri.blogspot.com";
if ($url =~ /^http:\/\/yosepgustri\.(.+)$/i)
{
print $1;
}
else
{
die "wrong\n";
}

hasilnya dari program diatas yaitu yosepgustri.blogspot.com

PHP:

$url = "http://yosep.blogspot.com";
if (@eregi("^http:\/\/yosepgustri\.(.+)$", $url, $hasil))
{
echo $hasil[1];
}

Oke, sekarang coba contoh Regex untuk menentukan pola/pattern email (validasi email)
\b[A-Z0-9._%+-]+@[A-Z0-9.-]+\.[A-Z]{2,4}\b

Untuk penjelasannya, analisa sendiri ya dari tabel yang diatas :p


Contoh lain dalam PHP:

if (ereg (”^[[:digit:]]+$”, $baris)) {
    // .. what to do if true
echo “Benar”;
} else {
    // .. what to do if false
echo “Salah”;
}
?>

Penjelasan:
Disin kita menggunakan fungsi ereg yang berarti case sensitif, lalu kita juga menggunakan [[:digit:]] sebagai alternatif lain dari Regular Expression.

Berikut daftar tabel nya:
Name Description
[[:alnum:]] All alphanumeric characters [a-zA-Z0-9]
[[:alpha:]] All alphabetic characters [a-z]
[[:blank:]] Tab and space [t ]
[[:cntrl:]] All the control characters
[[:digit:]] All decimal digits [0-9]
[[:graph:]] All printable characters except space
[[:lower:]] All lowercase letters [a-z]
[[:print:]] All printable characters
[[:punct:]] Punctuation marks [.,;:-]
[[:space:]] All whitespace characters
[[:upper:]] All the uppercase letters [A-Z]
[[:xdigit:]] The set of hexadecimal digits

Semoga informasi ini berguna buat yang mao belajar Regex 

Monday, April 12, 2010

Pengenalan Microsoft Share Point

Belakangan ini gw dapat tugas buat pelajarin hal mengenai Microsoft Share Point.
Yup, demi tuntutan pekerjaan (wkwkw) mau tak mau gw harus pelajari aplikasi tersebut.
Btw, boro-boro mao pelajari, pas ditanya aja gw gak ngerti buat apa tuh aplikasi...

Setelah menyelidiki langsung ke website Microsoft, akhirnya gw mengerti suatu hal.

Microsoft Sharepoint adalah produk Microsoft yang digunakan sebagai media berbagi informasi (sharing point, yaa sesuai namanya..)
Tujuannya adalah mengintegrasikan proses berbagi informasi (dengan menggunakan web) – ke pengguna yang melakukan bisnis (business user).

Sebelum munculnya MS Sharepoint, untuk membangun sebuah situs yang digunakan dalam proses bisnis; dibutuhkan peran seorang System Administrator. System Administrator akan melakukan proses persiapan situs, implementasi, pembuatan isi dan pengisian data.

Padahal belum tentu seorang System Administrator mengerti tentang kebutuhan bisnis yang diemban oleh situs tersebut. Dan kalaupun System Administrator bisa mengerti – maka dia harus menjadi superman – orang yang tahu segalanya mulai dari kebutuhan bisnis hingga teknis dan implementasinya >_<

MS Sharepoint, merubah pradigma tersebut dengan mendekatkan proses pengembangan situs bisnis menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh pengguna bisnis. Ini dapat terjadi karena didalam MS Sharepoint telah tersedia template-template standar dan fungsi-fungsi pembuatan situs, dan tampilan-tampilan standar tersebut dapat diatur dari antar muka web yang disediakan.
Kalo diliat-diliat, hal ini hampir sama konsepnya dengan CMS atau Content Management System.  Hmm.. tapi bagaimana ya?


Kalo menurut beberapa blog yang gw kunjungi, ada yang bilang MS Sharepoint terlihat sebagai framework yang 70% sudah jadi. Artinya, dengan menggunakan kemampuan standar yang sudah tersedia, kita dapat dengan cepat membangun aplikasi bisnis melalui MS Sharepoint. 30% sisanya adalah tugas kita untuk melakukan penyesuaian (customization) agar tampilan / fungsi-fungsi standar tersebut sama persis dengan yang diinginkan.

Komponen-komponen standar tersebut antara lain:
1. List , yang dapat dipandang sebagai tabel dan menjadi komponen dasar dari komponen-komponen yang lain
2. Document Library, merupakan pengembangan dari List yang ditambah dengan relasi ke file-file; dapat dipandang sebagai folder penyimpanan
3. Picture Library, merupakan document library yang khusus untuk menyimpan file-file gambar

Istilah-istilah lain yang tak kalah pentingnya adalah WebPart, WSS, dan SPS.
WebPart adalah komponen presentasi didalam MS Sharepoint yang dapat diatur dengan menggunakan antar muka web yang tersedia.
WSS atau Windows Sharepoint Services adalah layanan (services) dasar MS Sharepoint yang tersedia sebagai bagian dari sistem operasi Windows.

SPS atau Sharepoint Portal Server adalah portal Sharepoint yang dibangun dengan menggunakan framework WSS; berbeda dengan WSS yang didistribusikan secara gratis, SPS memerlukan lisensi tersendiri. Dengan sendirinya, kalau kita mau menggunakan SPS, maka sistem operasi yang dibutuhkan adalah Windows yang sudah diinstall WSS.
WSS membutuhkan storage yang berupa database MS SQL Server (minimal SQL 2000 dengan SP3). Namun, jangan khawatir – WSS juga dapat menggunakan MSDE atau SQL 2005 Express Edition. Artinya, kita cuma perlu membeli OS Windows (cth: MS Windows 2003) dan sudah dapat mengembangkan aplikasi dengan Sharepoint.

Yang gw dapet info, ada yang menyarankan menggunakan MS SBS (Small Business Solution) – yang merupakan bundel OS (Windows 2003) – Database (MS SQL 2000) – WSS – SPS – ISA – Exchange. Bundel ini nampak jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli secara terpisah.

Wednesday, April 7, 2010

Permainan Melatih Otak Kanan

Eight game
Pura-puralah menulis angka delapan tidur atau simbol ? di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini setelah sarapan, selama dua menit setiap hari.

Thumb game
Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini bersama teman-teman setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

Pattern game
Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. Cobalah permainan ini selama dua menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

Specific crawl
Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru. Cobalah gerakan ini secara 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.


Specific posturing
Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

Specific relaxing
Tip ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

Rotated reading
Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.

Left-handed foreplay
Tip yang boleh juga disebut Kamasutra ini khusus untuk lelaki yang telah menikah. Cumbulah pasangan Anda dengan menggunakan tangan kiri. (Bagi Anda yang belum menikah, jangan khawatir, Anda tetap bisa melakukannya. Caranya? Menikahlah dulu.)

Left-handed handling
Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

Left-handed brushing
Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

Left-handed writing
Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.

Left-handed signing
Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.

sumber: mazyayan

Saturday, April 3, 2010

Kriteria dan Tugas Seorang System Analyst

Jika anda berkecimpung di dunia IT. Siapa sih yang tidak mengenal System Analyst?

System Analyst adalah orang-orang yang memandu / menetapkan pengembangan suatu sistem informasi. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab dalam membangung suatu sistem informasi yang dirancang secara objektif guna mencapai goal suatu organisasi.

Perkejaan/tugas seorang System Analyst berbeda dari organisasi ke organisasi. Tergantung industrinya. Contoh: System Analyts organisasi manufaktur berbeda dengan System Analyts organisasi/perushaan farmasi. Itu masih dalam kondisi beda industri, terkadang industri yang sama pun bisa berbeda antara organisasi/perusahaan.

Patut dicatat, belakangan ini kita akan menemukan pembagian jabatan/job desk lagi dari seorang Analyst. Ada yang namanya System Analyst, Business Analyst, Programmer Analyst, dll.

Pada dasarnya seorang Analyst terdapat di berbagai bidang, seperti Ekonomi, Teknik Industri, Mining, Sosiolog, dll.  Itu pengertian secara general. (tergantung sih perusahaan tersebut sebutnya apa, kalo mao lebih jelas bisa liat Kelly Guide's for Career, kalo gak salah)
Jadi uda dapat gambaran donk apa itu kriteria dan tugas seorang Analyst, dalam hal ini seorang System Analyst?

Lalu apa itu pekerjaan/tugas seorang System Analyst?

Mereka bertugas mempelajari aktivitas bisnis yang akan dibuat sistemnya. Merekalah yang menentukan kebutuhan berdasarkan informasi yang didapat. Yup, tanggung jawab hanyalah pada penentuan kebutuhan sistem yang akan dibangun, bukan pada design sistem yang sudah ditentukan.
Patut dicatat, ada beberapa kasus seorang System Analyst mencakup System Design.
(merancang desain sistem disini maksudnya, kalo masih ingat SDLC waterfall, yaitu pada tahap 2, yaitu desain aplikasi/sistem)




Hubungan System Analyst, Design, dan Programmer:

Seorang sistem analyst akan bertugas juga sebagai programmer, dimana dia juga akan menulis kode untuk implementasi dari desain aplikasi/sistem yang telah dibuat. Tentunya, tugasnya gak seberat programmer yang ke arah teknikal atau desainer.
System Analyst harus memiliki berbagai kemampuan di dalam berbagai tahap SDLC. Mereka harus mengetahui teknikal tentang bagaimana sistem informasi yang di develop. 


Kriteria yang harus dimilik seorang System Analyst:

1. Business Knowledge
    Mereka harus memahami dan meningkatkan kemampuan sebanyak mungkin tentang proses bisnis secara general.

2. Interpersonal Skills
    Mereka harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dengan user dan mengekstrak informasi sebanyak mungkin melalui mereka.

3. Problem Solving Skills
    Tentunya kemampuan memecahkan masalah amatlah penting guna memberikan solusi terhadap permasalahan yang dimiliki oleh user.

System Analyst hampir sama ya kalo dipikir-pikir dengan Business Analyst. Tapi ada bedanya loh. Saya rasa dari judul namanya aja uda bisa bedain deh. hehehe..

Lalu bagaimana kita memperoleh kemampuan tersebut?
Ketika saya browsing ke situs-situs career paths, saya menemukan banyak informasi berharga, tapi kayanya belum sempat untuk nulis disini.
Soal-soal soft skill seperti itu hanya dapat diperoleh lewat praktik langsung dan pengalaman.
Jika dalam hidup kita sering mengenal kata Trial n Error, practice by doing dan experience from the past.
Maka hampir sama halnya dengan karir menjadi seoarang System Anayst.

Contoh: Jika kita pernah bekerja di industri retail, maka kemampuan/pengetahuan bisnis kita tentang perusahaan retail secara general meningkat, karena kita sudah terjun langsung didalam sana (practice by doing). Berkarir dari sana, kita bisa memilih terjun ke industri yang sama (retail), tetapi dengan pengalaman yang sudah pernah ada (experience from the past), maka pengetahuan kita tentang business knowledge dan problem solving semakin terasah (Trial n Error).

Tapi kalo dalam bidang IT, perusahaan IT (khususnya vendor), kita dituntut untuk mengetahui secara general bisnis proses tiap industri. Sedangkan untuk memperolehnya secara spesifik, kita harus bertemu dengan user dan mengextract informasi dari mereka sebanyak mungkin dan kemudian melakukan problem solving.
Maka dari itu, setelah saya pikir-pikir, bekerja di vendor ada untungnya juga. Dan juga ada ruginya.. ya ruginya kerjanya kaya orang gila kata orang-orang. Dibanding kerja di perusahaan yang memiliki divisi IT sendiri, develop sendiri atau membeli dari luar(vendor), tapi maintenance sendiri.

wakakaka.. kesannya seperti saya uda berpengalaman aja :p

Ok dah cukup sekian, capek nulisnya. Moga-moga terbantu dengan adanya tulisan ini
(termasuk gw yg suka lupa. wkwk)