Sunday, July 24, 2011

Panggilan Orang Ketiga Dalam Bahasa Korea

Setelah lama nonton beberapa film korea, baru kepikiran kenapa teks "Ahjumma" , "Ahjussi", "Agassi:, "Sunsaengnim" , dan "Haraboji" sering dilafalkan oleh artis-aktor dalam film korea tsb.

Setelah melakukan sedikit explorisasi di yahoo answer, saya akhirnya menemukan berbagai perbedaan mendasar tentang maca-macam panggilan dlm bahasa korea tsb.

1. Ahjussi dan Ahjumma
Menurut sumber, Ahjussi atau Ahjumma secara literal berarti "teman dari ayah atau ibu", jadi bisa juga disebut tante/om atau orang yang lebih tua dan sudah menikah. 
Ahjussi = untuk pria yang lebih tua dan sudah menikah.
Ahjumma = untuk wanita yang lebih tua dan sudah menikah.

2. Agassi
Agassi adalah panggilan untuk wanita muda / gadis. Panggilan ini cocok jika anda melihat dia lebih muda dari anda. Atau untuk menunjukkan orang tsb tampak muda.

3. Seonsaengnim
Digunakan dalam bahasa formal untuk panggilan orang yang lebih tua dari kita (wanita ataupun pria). Panggilan ini paling umum dan cocok seperti untuk guru, manager, bos, dll.

4. Harabeoji dan Halmeoni
Panggilan untuk seorang yang sudah cukup tua: kakek (harabeoji) dan nenek (halmeoni). Saya mengingat tentang panggilan ini yang biasa diperkatakan oleh Yoon Eun Hye dalam film My Fair Lady.
5. Oppa
Panggilan untuk kakak laki-laki yang lebih tua. Saya juga mengingat panggilan ini sering diperkatakan oleh Ha Ji Won dalam film Secret Garden :-)
Berikut beberapa list panggilan lain yang serupa beserta Hangeul nya (menurut Wikipedia.org -dikutip langsung-)
  • 언니 (eonni, "older sister" if speaker is female)
  • 누나 (nuna, "older sister" if speaker is male)
  • 오빠 (oppa, "older brother" if speaker is female)
  • 형 (hyeong, "older brother" if speaker is male)
  • 아줌마 (ajumma, "middle aged woman")
  • 아주머니 (ajumeoni, also "middle aged woman" but more polite)
  • 아저씨 (ajeossi, "middle aged man")
  • 할머니 (halmeoni, "grandmother") of 할아버지 (harabeoji, "grandfather")
Oh ya, dalam bahasa Korea, sangat umum menggunakan istilah / panggilan tersebut sekalipun orang tersebut bukanlah keluarga :-)

Sebenarnya mungkin masih banyak yang lain, tetapi yang saya tulis disini hanyalah sebagian dari yang terlintas dalam memory saya selama menonton film drama korea tsb :)


Jika ada salah, mohon koreksinya :) 
Maksud hati hanya mao sharing yang saya tau kok :D

No comments:

Post a Comment