Monday, May 31, 2010

Tanda / Plat Nomor Kendaraan Bermotor Di Indonesia

Gw sengaja listing disini karena kemaren-kemaren sempet ketemu plat mobil yang kode nomor depannya sangat asing, alhasil karena rasa pensaran gw yang tinggi, coba-coba deh cari list plat kendaraan bermotor di Indonesia.
Ketemu nih list yang cukup lengkap dan relevan.
Berikut adalah list Plat Kendaraan Bermotor di Indonesia.

A Untuk Daerah/Wilayah Banten
B Untuk Daerah/Wilayah DKI Jakarta
D Untuk Daerah/Wilayah Bandung
E Untuk Daerah/Wilayah Cirebon
F Untuk Daerah/Wilayah Bogor
G Untuk Daerah/Wilayah Pekalongan
H Untuk Daerah/Wilayah Semarang
K Untuk Daerah/Wilayah Pati
L Untuk Daerah/Wilayah Surabaya
M Untuk Daerah/Wilayah Madura
N Untuk Daerah/Wilayah Malang
P Untuk Daerah/Wilayah Besuki
R Untuk Daerah/Wilayah Banyumas
S Untuk Daerah/Wilayah Bojonegoro .
T Untuk Daerah/Wilayah Kerawang
AA Untuk Daerah/Wilayah Kedu
AB Untuk Daerah/Wilayah DI Yogyakarta
AD Untuk Daerah/Wilayah Surakarta
AE Untuk Daerah/Wilayah Madiun
AG Untuk Daerah/Wilayah Kediri
BA Untuk Daerah/Wilayah Sumatra Barat
BB Untuk Daerah/Wilayah Sumatra Utara
BD Untuk Daerah/Wilayah Bengkulu
BE Untuk Daerah/Wilayah Lampung
BG Untuk Daerah/Wilayah Sumatra Selatan
BH Untuk Daerah/Wilayah Jambi
BK Untuk Daerah/Wilayah Sumatra Timur
BL Untuk Daerah/Wilayah DI Aceh
BM Untuk Daerah/Wilayah Riau
BN Untuk Daerah/Wilayah Bangka
CC Untuk Daerah/Wilayah Korps Konsul
CD Untuk Daerah/Wilayah Korps Diplomatik
DA Untuk Daerah/Wilayah Kalimantan Selatan
DB Untuk Daerah/Wilayah Minahasa
DD Untuk Daerah/Wilayah Sulawesi Selatan
DE Untuk Daerah/Wilayah Maluku Selatan
DG Untuk Daerah/Wilayah Maluku Utara
DH Untuk Daerah/Wilayah Maluku Timur
DK Untuk Daerah/Wilayah Bali
DL Untuk Daerah/Wilayah Sangihe/Talaud
DM Untuk Daerah/Wilayah Sulawesi Utara
DN Untuk Daerah/Wilayah Sulawesi Tengah
DR Untuk Daerah/Wilayah Lombok
DS Untuk Daerah/Wilayah Papua
EA Untuk Daerah/Wilayah Sumbawa
EB Untuk Daerah/Wilayah Flores
ED Untuk Daerah/Wilayah Sumba
KB Untuk Daerah/Wilayah Kalimantan Barat
KT Untuk Daerah/Wilayah Kalimantan Timur
W Untuk Daerah/Wilayah Sidoarjo (Jatim)
Z Untuk Daerah/Wilayah Sumedang (Jabar)

Sumber : Organisasi.org
Diedit seperlunya oleh Penulis.

Friday, May 28, 2010

Akses Gratis Facebook via Mobile Phone / Handphone / Ponsel



Lagi browsing - browsing di komputer, gak sengaja ketemu info menarik dari Facebook. Bagi yang udah tau, harap maklum, karena gw juga baru ketemu kemaren dan langsung nulis di blog ini. hehe..
Gw rasa tulisan gw ini yang paling berguna buat gw, apalagi buat para pengguna Facebook. Hehe..

Yup, kali ini Facebook memberikan akses gratis ke Facebook tanpa dikenakan biaya akses data dari operator.
Facebook Zero, adalah salah satu nama feature baru dari Facebook dengan alamat 0.facebook.com yang dapat diakses dari perangkat mobile / handphone tanpa dikenakan biaya akses data! Tentunya hanya bagi pelanggan2 operator yang sudah bekerja sama dengan Facebook.

Nah, saat ini yang gw tau, sudah ada tiga operator Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Facebook. Operator telepon yang gw gunakan juga termasuk salah satunya :) , yaitu Three , AXIS, Telkomsel. Mungkin kedepannya akan lebih banyak (termasuk XL dan Indosat).
Tampilan dari 0.facebook.com pun hampir serupa dengan m.facebook.com. Hampir semua aktivitas tidak dikenakan biaya seperti : melihat news feed, update status, menulis wall, memberi komentar, membaca dan mengirim pesan/message.

Loh, lalu apa bedanya? Tentunya karena aksesnya gratis, ada keterbatasan yang dimiliki. Yaitu, kita tidak bisa melihat foto-foto. Foto yang ditampilkan hanya berupa link, yang jika di klik akan dikenakan biaya (sesuai dengan tarif akses data dari operator yang bersangkutan). Biaya juga dikenakan jika mengakses alamat website di luar 0.facebook.com, walaupun diakses lewat profile/newsfeed kita (ya iyalah, namanya juga domain 0.facebook.com aja yang di kasih akses free :D )

Oh iya, perlu diperhatikan, ketika mengakses lewat mini browser (seperti Opera Mini 5), akses ke 0.facebook.com langsung diarahkan ke halaman peringatan bahwa carrier (operator) yang digunakan tidak mendukung akses 0.facebook.com. Hal ini dikarenakan akses lewat Opera Mini 5 indirect. Jadi akses dilakukan ke server Opera dahulu, baru ke 0.facebook.com.
Gw gak jamin ya kalo semua mini browser yang lain juga indirect :p

Karena itu, gunakan browser bawaan dari Handphone dan jika ada informasi "Akses Gratis dari 3 (Indonesia)" atau "Free Access By 3 (Indonesia)" (ketika digunakan di handphone & operator gw), berarti browsing ke 0.facebook.com sudah BERHASIL dan GRATIS. hehe.. Tapi jika yang muncul : “0.facebook.com is not available from your mobile carrier” meskipun menggunakan operator yang mendukung, maka kemungkinan browser yang digunakan tidak mendukungnya.

So, bagaimana? Anda salah satu pengguna tiga operator tsb?
Facebook'an dimanapun anda berada sekalipun di kantor di blok aksesnya. Hahahaha...
Akses free ini sangat berguna buat kalian yang gak pake biaya langganan internet di handphone dan doyan Facebook'an :)

Thursday, May 27, 2010

Daftar Ibukota Propinsi Indonesia Daerah Tingkat I

Sehubungan dengan buruknya pengetahuan geografi gw dan sungguh malu juga kalo dipikir2 karena gw kurang tau ibukota - ibukota di Indonesia, padahal yang terkenal2 (mungkin karena gw jarang ke luar kota kali yee..), maka sekarang gw mao buat list tentang daftar Ibukota Propinsi Indonesia.


Sumber ini tahun 2006. Totalnya ada 33 propinsi. Semoga tulisan ini berguna tidak cuman buat gw, tapi buat yang laen. Hahahaha.
List disusun berdasarkan daerah wilayah dari ujung barat ke timur:

Provinsi Nanggro Aceh Darussalam
Ibukota : Banda Aceh

Provinsi Sumatera Utara
Ibukota : Medan

Provinsi Sumatera Barat
Ibukota : Padang

Provinsi Riau
Ibukota : Pekan Baru

Provinsi Kepulauan Riau
Ibukota : Tanjung Pinang

Provinsi Jambi
Ibukota : Jambi

Provinsi Sumatera Selatan
Ibukota : Palembang

Provinsi Bangka Belitung
Ibukota : Pangkal Pinang

Provinsi Bengkulu
Ibukota : Bengkulu

Provinsi Lampung
Ibukota : Bandar Lampung

Provinsi DKI Jakarta
Ibukota : Jakarta

Provinsi Jawa Barat
Ibukota : Bandung

Provinsi Banten
Ibukota : Serang

Provinsi Jawa Tengah
Ibukota : Semarang

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Ibukota : Yogyakarta

Provinsi Jawa Timur
Ibukota : Surabaya

Provinsi Bali
Ibukota : Denpasar

Provinsi Nusa Tenggara Barat
Ibukota : Mataram

Provinsi Nusa Tenggara Timur
Ibukota : Kupang

Provinsi Kalimantan Barat
Ibukota : Pontianak

Provinsi Kalimantan Tengah
Ibukota : Palangkaraya

Provinsi Kalimantan Selatan
Ibukota : Banjarmasin

Provinsi Kalimantan Timur
Ibukota : Samarinda

Provinsi Sulawesi Utara
Ibukota : Manado

Provinsi Gorontalo
Ibukota : Gorontalo

Provinsi Sulawesi Tengah
Ibukota : Palu

Provinsi Sulawesi Tenggara
Ibukota : Kendari

Provinsi Sulawesi Selatan
Ibukota : Makassar

Provinsi Maluku
Ibukota : Ambon

Provinsi Maluku Utara
Ibukota : Ternate

Provinsi Papua Barat
Ibukota : Sorong

Provinsi Papua Tengah Ibukota nya adalah Timika
Ibukota : Timika

Provinsi Papua Timur
Ibukota : Jayapura

Sumber: Organisasi.org
Diedit seperlunya oleh Penulis.

Friday, May 21, 2010

Rangkuman Pertanyaan Perihal Reksadana

Ini gw rangkum pertanyaan yg pernah gw dapet dr browsing - browsing gak sengaja :p
Pertanyaan 1:
Singkat saja, saya ingin tanya, jika hendak menempatkan reksadana equity, yang bagus ditempatkan di mana ya?
Saya belum pernah investasi di reksadana sebelumnya. sebenarnya ada berapa banyak institusi reksadana yang dapat saya pilih?

Hal-hal apa yang perlu saya ketahui sebelum saya berinvestasi di reksadana equity? terima kasih sebelumnya.

Jawaban
Jika berkeinginan berinvetasi di reksadana , sebaiknya Anda berinvetasi pada reksadana yang terdaftar di Bapepam LK.  Silahkan mengunjungi situs Bapepam di www.bapepam.go.id.

Saya tidak dapat secara langsung merekomendasikan reksadana ekuiti yang sebaiknya dibeli.  Melalui situs bapepam tersebut Anda juga dapat mendapatkan data kinerja dari seluruh reksadana yang terdaftar di Bapepam.

Secara sekilas, reksadana pada awalnya dimulai pada nilai aset bersih (NAB) sebesar 1.000.  Jika ada reksadana yang saat ini memiliki NAB jauh di atas 1.000 maka merupakan salah satu ukuran bahwa manajer investasinya memiliki kinerja masa lampau yang cukup baik.

Tetapi harus diingat bahwa kinerja manajer investasi di masa lalu bukan merupakan tolok ukur terhadap kinerjanya di masa yang akan datang. Reksadan equity menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi diantara reksadana-reksadana jenis lainnya tetapi juga memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi pula.

Sebagai tambahan, hati-hati terhadap pemasar reksadana yang menjanjikan suatu angka keuntungan tertentu dan memberikan jaminan bahwa anda tidak bisa merugi.  Investasi awal anda di reksadana terutama pada reksadana equity dapat turun seiring dengan kondisi perekonomian Indonesia dan dun
Pertanyaan 2:
Saya ingin bertanya di manakah saya bisa membeli saham yang lembar? Apakah harus melalui broker? Jika iya, di mana saya bisa mencari broker-broker tersebut?

Kemudian saya juga ingin bertanya ketika saya membeli saham misalnya 500 lembar, kemudian apakah ada batas waktu untuk menjualnya kembali?

Jawaban:
Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) diperdagangkan dalam satuan yang dinamakan lot. Di mana satu lot terdiri dari 500 lembar saham.

Jual/beli saham harus dilakukan melalui salah satu dari sekitar 120 broker yang terdaftar di BEI. Untuk melihat daftar broker tersebut silahkan mengunjungi situs Bursa Efek Indonesia di www.idx.co.id.
Pertanyaan 3:
Singkat saja, saya ingin tanya, jika hendak menempatkan reksadana equity, yang bagus ditempatkan di mana ya?
Saya belum pernah investasi di reksadana sebelumnya. sebenarnya ada berapa banyak institusi reksadana yang dapat saya pilih?

Hal-hal apa yang perlu saya ketahui sebelum saya berinvestasi di reksadana equity? terima kasih sebelumnya.

Jawaban
:
Jika berkeinginan berinvetasi di reksadana , sebaiknya Anda berinvetasi pada reksadana yang terdaftar di Bapepam LK.  Silahkan mengunjungi situs Bapepam di www.bapepam.go.id.

Saya tidak dapat secara langsung merekomendasikan reksadana ekuiti yang sebaiknya dibeli.  Melalui situs bapepam tersebut Anda juga dapat mendapatkan data kinerja dari seluruh reksadana yang terdaftar di Bapepam.

Secara sekilas, reksadana pada awalnya dimulai pada nilai aset bersih (NAB) sebesar 1.000.  Jika ada reksadana yang saat ini memiliki NAB jauh di atas 1.000 maka merupakan salah satu ukuran bahwa manajer investasinya memiliki kinerja masa lampau yang cukup baik.

Tetapi harus diingat bahwa kinerja manajer investasi di masa lalu bukan merupakan tolok ukur terhadap kinerjanya di masa yang akan datang. Reksadan equity menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi diantara reksadana-reksadana jenis lainnya tetapi juga memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi pula.

Sebagai tambahan, hati-hati terhadap pemasar reksadana yang menjanjikan suatu angka keuntungan tertentu dan memberikan jaminan bahwa anda tidak bisa merugi.  Investasi awal anda di reksadana terutama pada reksadana equity dapat turun seiring dengan kondisi perekonomian Indonesia dan dunia.
Sumber : OkeZone

Saturday, May 15, 2010

JD EDWARDS (JDE) - Catatan Minggu 1 - 2

ERP - JD.EDWARDS (JDE)

Sebelum iseng mao baca ini artikel, diharapkan anda dan saya mengerti tentang hal dan konsep-konsep sebagai berikut:
1. ERP (Enterprise Resources Planning)
2. Development Process / SDLC
3. Database / Data Warehouse / Data Mining
4. Software ERP / Vendor2 ERP

Sebenarnya point 1 sudah merangkum point 2, 3 dan 4. Saya tentunya tidak akan membuat artikel tentang ke-4 hal tersebut, karena blog ini bukanlah blog informasi dan tutorial, melainkan lebih kepada blog catatan pribadi  yang masih baru umurnya dan isinya "gado-gado" namun berisi informasi yang gak kalah MANTAP dengan blog yg lain. HAHAHAHA

Ok, back to the topic.
Dengan mengerti ke-4 hal tersebut, diharapkan dengan membaca artikel ini lebih mudah, walaupun gw gak menjamin.

Setelah sekian sebentar (bukan lama) berkecimpung dalam dunia programming , akhirnya lepas sebentar dari dunia dot net, php dan java. (wkwkw... gaya, padahal bisa aja kaga :p )

2 minggu ini belajar JDE. Tidak banyak yang gw pelajari, karena gak dapet bimbingan sama sekali. Cuma dapet bimbingan 2 jam melalui slide presentasi, selanjutnya gw dilepas sendirian otak atik JDE selama 2 hari.
Hari demi hari dilalui..
Pertama langsung belajar buat report dan buat project dari EXERCISE yang ada di word (besarnya 3Mb ~.~!  dan file slide presentasi 13Mb Lol..)

Berikut hal-hal yang gw ketahui tercatat di blog ini:

  1. OMW (Object Management Workbranch)
    Untuk mengatur objek2 yang ada. Mengatur user role, create object, dll.
  2. UTB (User Table Browser)
    Untuk melihat field2 pada table yang mao digunakan untuk join di Business View (BV).
    Kedua tools diatas diakses melalui "Fast Path" pada JDE Solution Explorer.

    Di dalam OMW, kita dapat mengelola project2 yang ada di "fetch client" ataupun di server.
    Kita dapat check out, check in, save, restore, release token, dll. pada object yang telah dibuat.

    Kita juga dapat membuat Object Librarian Objects (OLB), Project Workbench, dll.
    Selama ini gw masih belajar buat OLB dan Project Workbench:
    Pada OLB , yang gw pelajari adalah membuat:
    1. Batch Application (Membuat Report)
    2. Batch Version (Version Report dari Batch Application yang uda dibuat, bisa di add new ataupun copy version).
    3. Business View (Membuat excact copy dari database)
    4. Data Structure :
        Terdiri dari Possesing Option (PO) dan Data Structure.
    5. Table (Membuat table)
    6. Interactive Application (Membuat form, kebetulan gw belum mempelajari)
    Dan masih banyak lagi..



    Istilah JDE:
    - Business View (V)
    Code Name : V571331 --> dimana V aturan baku penamaan untuk BV, dan 57 adalah kode reserved for client, 1331 adalah Table Name.

    - Table (F)
    Code Name: F1331 (uda aturan dari JDE)

    - Report (R)
    Code Name : R571331A atau R57133A1 (aturan baku penulisan objek)
    R --> mengacu pada jenis objek (dalam hal ini report).
    57 --> jenis kode reserved for client
    1331 --> kode BV yang digunakan pada report
    A --> kode yang ditentukan sendiri.


    Perlu diketahui, penamaan objek hanya dibatasi maximal 8 karakter.

    Sementara ini gw hanya menulis yang diingat dan sudah dipelajari saja..
    Oh iya, pembelajaran ini sudah gw coba pahami dari tanggal 3 May jam 11.00 AM..
    Tentunya dengan berbagai masalah seperti :
    - Tidak ada komputer
    - Komputer lemot
    - Laptop yang rusak
    - Laptop yang rusak karena install updates windows (u know what I mean)


    Sampai akhirnya, pada saat artikel ini ditulis, laptop tsb ditukar 2x dan di install fresh WinXP SP2 Edisi Juli 2009.
    Hmm.. Setelah tuning2 sendiri akhirnya kelar deh urusan laptop ini (walaupun keyboard up arrow nya rusak.)
    Tinggal urusan install JDE yang masih membingungkan, maklum newbie di JDE.


    Lanjut ke Artikel 2 - Catatan Minggu 3 - 4

    Maaf kalo ada salah, cuman mao sharing yang saya tau :p

    Tuesday, May 11, 2010

    Akuisisi Terbesar Sepanjang Sejarah Yang Pernah Terjadi Di Dunia


    Sedang iseng-iseng browsing soal Peoplesoft yang diakuisisi oleh Oracle, gak sengaja ketemu info yang menarik tentang Akuisisi Terbesar Sepanjang Sejarah Yang Pernah Terjadi Di Dunia.

    1. AOL oleh Time Warner, $164 milyar (2000)
    Akuisisi AOL oleh perusahaan hiburan raksasa Time Warner mencatat rekor akuisisi termahal yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Setahun setelah akuisisi yang berlangsung pada tahun 2000 tersebut, US Federal Trade Commision mengukuhkan transaksi akuisisi tersebut secara formal dan legal pada Januari 2001. Awalnya memang berat bagi Time Warner yang mengalami kerugian sebesar $99 milyar pada tahun 2002, tetapi kemudia mereka bersinergi dan bangkit menjadi raksasa media baru yang tak terkalahkan.

    2. Worldcom - MCI, $37 milyar (1998):
    Raksasa telekomunikasi Worldcom yang bermarkas di USA membeli MCI yang pada saat itu telah membentuk joint venture dengan British Telecom dalam proyek Concert Communications Services senilai $1 milyar.
    Oleh karenanya, Worldcom wajib membayar British Telecom setidaknya $7 milyar untuk ‘membebaskan’ MCI. Kesuksesasan Worldcom ‘menyingkirkan’ BT demi menguasai MCI ternyata tidak membuat Worldcom berjaya. Pada tahun 2002, 4 tahun setelah akuisisi tersebut, Worldcom dinyatakan bangkrut setelah gagal bertahan melawan persaingan harga yang brutal. Bangkrutnya Worldcom tercatat sebagai kegagalan terbesar perusahaan telekomunikasi di Amerika.

    3. HP - Compaq, $25 milyar (2001):
    Hewlett Packard membeli Compaq, sebuah perusahaan manufaktur PC, sekitar 7 tahun yang lalu. Akuisisi sebesar $25 milyar yang dilaporkan sebagai akuisisi terbesar pada sektor manufaktur elektronik ini pernah diramalkan akan mengancam pendapatan IBM. Carly Fiorina dari HP akhirnya ditunjuk sebagai CEO baru pada perusahaan gabungan tersebut.

    4. Symantec - Veritas, $13.5 milyar (2004):
    Symantec berhasil membeli Veritas, sebuah perusahaan perangkat lunak, senilai $13,5 milyar. Akuisisi tersebut seketika melahirkan perusahaan perangkat lunak manajemen sistem keamanan dan penyimpanan yang menjanjikan dengan pendapatan rata-rata $5 milyar per tahun. Dalam waktu kurang dari 3 tahun, nilai investasi akuisisi tersebut telah balik modal.

    5. Oracle - Peoplesoft, $10.3 milyar (2004):
    Perusahaan perangkat lunak Oracle telah membeli berbagai perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Namun akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Oracle adalah pembelian PeopleSoft senilai $10,3 milyar pada tahun 2004. Sejak akuisisi tersebut, Oracle mencatat kenaikan sebesar 10% pada harga per lembar sahamnya.


    Maaf kalo ada salah, cuman mao sharing yang saya tau :p

    Saturday, May 8, 2010

    Ponsel Android

     Hmm.. lagi iseng-iseng mao bandingin Blackberry Storm ama Iphone 3G, gak sengaja ketemu soal Android.
    Sebenarnya ngebahas hal ini pun uda cukup basi. Tapi gw rasa masih relevan lah, karena belum banyak user yang tau soal Android. Lalu apa sih Android itu?

    Android adalah sebuah Sistem Operasi (selanjutnya ditulis OS) yang ditanamkan pada ponsel/smartphone. Yup, OS seperti Windows Mobile (WinMo), Iphone, BlackBerry OS dari RIM, Symbian, dll.
    Tentunya tiap OS masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Dan salah satu kelebihan Android OS ini adalah OPEN SOURCE. Bagi praktisi IT, tentu tidak asing oleh kata-kata ini (IT gitu loh. hahaha).

    Yup, kelebihan OS Android ini bisa gw simpulkan begini:
    1. Fully Open Source 
      Maksudnya disini adalah source code atau kode-kode sumber dalam pembuatan OS ini (baik OS itu sendiri dan aplikasi built-in) dapat diperoleh, dipergunakan dan dimodifikasi dengan bebas oleh komunitas/personal dan TANPA BATASAN. Hal ini memungkinkan biaya yang lebih murah karena gratis dan pengembangan yang relatif cepat karena open source.
    2. Berbasis Kernel Linux 2.6 
      Linux sudah terkenal dengan Open Source-nya yang reliable dan secure dan yang paling penting, GRATIS. wkwkwk. Android OS untuk ponsel ini dibangun dengan menggunakan kernel Linux 2.6 yang sudah terbukti stabil di versi PC nya (ex. Ubuntu,Fedora,RedHat,OpenSuse,dll). Pembangunan aplikasi/game 3D menggunakan NDK (C/C++) dan ADV (Java) yang tentunya cukup powerful untuk menyaingin vendor OS lainnya.
    3. Android adalah hasil akuisisi Google Inc. 
      Google Inc. mengakuisisi perusahaan Android pada tahun 2005. Kita telah mengetahui bahwa Google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di bidang Teknologi Informasi. Kredebilitasnya dapat dijadikan jaminan bagi user untuk menggunakan Google Android.
    4. OS yang kompetitif di market
      Fitur-fitur yang dibenamkan pada Android OS sangat kompetitif. Bisa dibilang rival dari Iphone dan OS touch screen lainnya (ex. BB Storm). Semua aplikasi yang built-in pada Android sudah sangat baik, dan dapat menunjang dalam proses komunikasi, bisnis dan multimedia. Karena sifatnya yang open source, maka secara tidak langsung lebih banyak aplikasi gratisan yang tersedia ( kata GRATIS memang paling POWERFUL. hahahaha)

    Sekedar tambahan, ketersediaan aplikasi pada OS yang satu ini memang masih kalah banyak dibandingkan WinMo, Symbian, BB (sekarang BB uda makin banyak) ataupun Iphone. Tapi mengingat jangka panjangnya, gw rasa gak bakal makan waktu lama untuk menyaingi ketersediaan aplikasi pada OS lainnya. (lihat aja sekarang, uda banyak banget tuh).

    Selama ini sih, yang gw liat Android ponsel biasanya digunakan pada ponsel touchscreen (makanya pada awal gw tulis, tertarik untuk ngelirik ponsel Android sebagai alternatif Iphone :p ).
    Touchscreen yang digunakan adalah Capacitive, dan bukan Resesitif (sama seperti Iphone).
    Katanya sih, Android lebih cenderung ke arah multimedia, tapi liat aja deh ntar kedepannya. Gw juga bukan orang yang maen HP seh, jadi kurang tau. HAHAHA

    Saat ini Android sedang hot-hot nya menjadi sorotan di berbagai vendor ponsel seperti Motorola, Nokia, Samsung, HTC, dll. HTC sendiri adalah vendor ponsel pertama yang menggunakan Android sebagai OS nya.

    Berminatkah anda menggunakan ponsel Android?
    Gw sendiri begitu menyukai Iphone (tapi karena dana gak mumpuni untuk beli Iphone 3GS yang baru digaet ama telkomsel doank, maka gak bisa beli), dan setelah melihat potensi-potensi Android ini, ada keinginan untuk mencicipi OS ini.

    Sekarang ini sih masih puas dengan OS WinMo :)


    Maaf kalo ada salah, cuman mao sharing yang gw tau :p

    Thursday, May 6, 2010

    C# 4.0 - Revolusi Baru di Dynamic Type Object

    Belum lama ini gw baca artikel tentang C# 4.0 (terbaru saat tulisan ini dibuat, dengan IDE Visual Studio 2010 dan .NET FRAMEWORK 4.0). Terdapat beberapa feature baru dan perbaikan terhadap salah satu bahasa .Net yang powerful : C#


    C# mengalami banyak perbaikan dan perubahan dari sejak pertama diperkenalkan tahun 2000. Pada saat itu C# 1.0 masih sederhana dan biasa.

    Kemudian pada C# 2.0, diperkenalkan sebuah konsep penting mengenai "Generics", membawa kita kepada keamanan dalam membuat code (type-safety code), meningkatkan peforma, dan terlihat lebih elegan.

    Lalu pada C# 3.0, diperkenalkan kepada revolusi baru mengenai LINQ (Language Integrated Query). Dengan LINQ, paradigma C# menjadi lebih fungsional (bukan sekedar baris perintah / imperative language). Revolusi ini membawa kepada multi paradigma.
    Bagaimana dengan sekarang pada C# 4.0 ? Yup, revolusi "Dynamic Programming".
    Jika anda pernah membaca / mengetahui / bahkan menguasai sedikit programming language seperti Phyton dan Ruby, maka anda lebih tau tentang apa itu Dynamic Programming.
    C# dan beberapa bahasa lainnya seperti Java, adalah strong-type. Dengan adanya feature baru seperti ini, ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh, dan tentunya diimbangi oleh kekurangan yang ditimbulkan oleh revolusi ini.


    Fitur baru ini (dynamic type object) sebenarnya mirip-mirip seperti var pada C# 3.0. Tetapi ada seidikit perbedaan disini.

    1. var : masih bertipe strong type, artinya masih akan ada compile check. Keyword var ini hanyalah sebuah "pengenal" yang mengatakan bahwa nilai dari variable var tergantung dari apa yang ada di right-hand side (assignmentnya).

    Contoh:  
    - var ganteng = "Relatif";
    - var jelek = 0;
    Bisa diliat bahwa nilai var tergantung pada assignmentnya.. ganteng (string) dan jelek (integer).
    var harus diassign dari awal dan akan terjadi compile error jika terdapat casting yang mustahil.
    Selain itu juga untuk mendukung Anonymous Type pada C# 3.0
    Contoh:
    - var sesuatu = new { NIM = 1000778899 ; Nama = "Katsuki" };

    2. dynamic
    Nah pada dynamic, tidak akan terjadi compile error karena akan dijalankan pada saat runtime (sama seperti Ruby dan Phyton sebagai Dynamic Programming). Dengan kata lain, baru diketahui errornya pada saat runtime, bukan pada saat compile program.
    Hmm.. hal ini sungguh berbahaya namun memiliki kelebihan jika digunakan tepat pada sasaran.. Apa itu contohnya? Well, sampai saat ini, gw sendiri belum pernah dapet case untuk menggunakan dynamic keyword.
    (Maklum jam terbang masih rendah...)

    Mao tau lebih banyak? Gunakan Search Engine favorit'mu. hehehe

    Maaf kalo ada salah, cuman mao sharing yang saya tau :p

    Saturday, May 1, 2010

    Konsep Mendevelop Software Dengan Dot Net Framework [ Part 1 ]

    Ini sekedar catetan gw aja. Tapi bagi yang membaca, diharapkan sudah mengerti konsep2 berikut, basic lah minimal:
    - 3 Tier Architecture / MVC (Model - View Controller)
    - Object Oriented Programming
    - Dot Net Programming
    - Object Relationship Model (ORM, menjadi nilai plus jika mengetahui konsep ini)


    Sewaktu gw training dari bos gw, orang yg berpengalaman, mantan senior .net (dot net) developer di salah satu anak perusahaan Microsoft Singapore dan kantor pajak Singapore. Gw mendapat suatu pelajaran yang berharga dalam mendevelop software/system yang reliable, easy to maintain and secure.


    Yup, konsep ini disebut sebagai konsep yang menggunakan dot net entity framework.
    Hampir semua (bahkan semua) manipulasi database menggunakan perantara entity framework.
    Dulu mah waktu belajar buat proyek dari software house gw mana blom tau apa2 soal develop project seperti ini, apalagi pas kuliah. hahaha.. Yang penting jadi!
    Tapi disini, gw bisa belajar hal "wah" untuk level perusahaan yang masih "baru berdiri ini" ..
    Katanya sih ini salah satu konsep develop project yang paling reliable selama dia research sampai saat ini.

    Konsep 1 : Simple Architecture
    Di dalam konsep ini, (sayang gambarnya gw blom dapet ) dibagi menjadi 3 layer (konsepnya 3-tier : Client - Application Server - Database)


    1. Layer 1 : USER INTERFACE
    Dalam UI ini, dibagi menjadi 2 komponen lagi:
    • User Interface (.aspx , .aspx.cs)
      Disinilah UI dari client, lokasi dari penempatan tiap2 User Control Form (UCF), proses menampilkan, redirect, validasi, dan semacamnya, kedalam 1 page aspx. Dengan adanya fitur master page yang built in dr ASP.NET, akan lebih memudahkan mendevelop aplikasi yang dinamis.
    • User Control Form (.ascx , ascx.cs)
      UCF, bisa disebut sebagai template dari form-form yang umum dan jarang berubah. Contoh: form register, forget password, login, dll. Jika ada perubahan page (UI), maka form ini tidak perlu berubah, dari segi struktur dan coding.
    2. Layer 2 : OPERATIONAL
    Dalam bagian ini, terdapat 2 komponen:

    • Business Facade Component (BFC)
      Di dalam komponen ini, dilakukan segala hal mengenai proses/logika bisnis. Biasanya untuk proses yang lebih kompleks dari DAC. BFC akan terhubung dengan DAC dan UI.
    • Data Access Component (DAC)
      Selain terhubung dengan BFC, DAC ini akan langsung berhubungan dengan ADO.NET / Entity Framework. Disinilah di define proses sederhana seperti CRUD (create, retreive, update, delete) yang terhubung ke ENTITY FRAMEWORK.
      Dalam Konsep-1 Simple Architecture, DAC juga dapat terhubung langsung dengan UI.
    3. Layer 3 : ADO.NET / ENTITY FRAMEWORK
    Disinilah tempat bernaungnya excact copy dari database (strukturnya). Di bagian ini lah, entity akan berhubungan langsung dengan database. Seluruh proses yang dilakukan oleh DAC, akan dilakukan/diterjemahkan oleh layer ini.

    4. Layer 4 (hampir sama dengan layer 3) : DATABASE
    Uda cukup mengertilah kalo ini, tempat database itu berada. No touch from other world :p
    Only ENTITY FRAMEWORK can access this place :) :)

    Tiap-tiap layer akan berhubungan melalui DataSet (kecuali layer 3 dan 4).
    Pada layer 3 di define DataModel sebagai excact copy dari database (ORM - object relationship model), sehingga segala akses perubahan di DataModel (yang dilakukan dari DataSet di DAC) harus melalui layer 3 dahulu, baru dilakukan perubahan ke database.

    Jika kita liat dari model seperti ini, maka security lebih terjamin dan software lebih mudah di maintenance. Dari segi peforma , juga sangat reliable, karena masing-masing layer bisa dibuat 1 server. Selain itu, programmer juga lebih dibebaskan dari SQL, karena menggunakan LINQ sebagai penggantinya.

    Tentunya setiap konsep develop project memiliki kelebihan dan kekurangan:
    - Kesulitan dalam melakukan SQL yang kompleks. Penanggulangannya menggunakan Stored Procedure.
    Dan masih banyak lainnya yang belum gw temukan pada saat tulisan ini dibuat. hahaha

    Bagian ke-2 adalah konsep yang lebih complex.
    Tapi uda capek nih, lanjut di artikel selanjutnya aja :
    Konsep Mendevelop Project Dengan Dot Net Framework ( Advanced ) [ Part 1 ]



    Maaf kalo ada salah (terutama layernya), cuman mao sharing yang saya tau :p