Saturday, November 6, 2010

SUPER AMOLED Display

Kali ini gw buat tulisan yang menurut gw penting untuk nambah2 pengetahuan teknologi, jadi gw akan menggunakan bahasa yang agak formal (tentunya bukan pada kalimat ini hehehe)

Tahukah anda bahwa teknologi display gadget akhir-akhir ini berkembang pesat?
Dari yang saya kenal berupa LCD monokrom, CSTN / STN, TFT, TFD, UFD, OLED, dan AMOLED. Gadget/handphone/smartphone/dll menggunakan layar TFT LCD pada umumnya (yang saya temui pada hp non-touch screen).
Pada device touch screen, biasanya mengadopsi layar TFT LCD, OLED, AMOLED dan yang paling terbaru SUPER AMOLED.
Jika anda penasaran pada singkatan dan teknologi-teknologi diatas, disarankan gali informasi itu sendiri yaa :)

Pernahkah anda mendengar tentang layar SUPER AMOLED ?? Dahulu lebih dikenal dengan teknologi AMOLED pada touch screen device keluaran LG dan Samsung.
Saat ini layar SUPER AMOLED hanya ada pada Samsung karena memang teknologi ini diciptakan oleh Samsung dan tidak akan ada device lain yang menggunakannya setidaknya sampai 1 thn kedepan sejak tulisan ini dibuat.

Layar ini adalah perkembangan dari layar AMOLED, sedangkan layar AMOLED sendiri adalah perkembangan dari layar OLED atau dikenal juga sebagai LEP atau OEL. Sedikit kilas balik terhadapap display OLED dan AMOLED.
Layar OLED secara umum memiliki perbedaan teknologi dibandingkan dengan LCD. Layar ini lebih tipis karena tidak dibutuhkannya layer untuk menghasilkan cahaya (backlighting layer). Display ini lebih hemat energi, ringan, murah, dan cepat.

Sedangkan pada AMOLED, memiliki beberapa kelebihan dibanding pendahulunya (OLED).
1. Perpaduan TFT LCD dan OLED display
2. Lebih hemat energi.
3. Lebih cerah dan kontras
4. Lebih cepat dalam proses On Off Lighting (tiap pixel memancarkan cahaya sendiri (sudah ada pada OLED)

Sedangkan pada SUPER AMOLED, terdapat lagi perkembangan yang cukup signifikan dari AMOLED.

1. Lebih hemat listrik 20% dari layar AMOLED.
Bayangkan, jika anda punya gadget touch screen layar besar misalkan 2.7 - 3.7 inch, maka energi yang digunakan akan sangat banyak meskipun kapasitas batere sudah besar (walaupun hal ini juga dipengaruhi oleh jenis OS, aplikasi yang berjalan di hp, dan pemakaian). Dengan kehadiran AMOLED, batere menjadi lebih tahan lama. Namun dengan SUPER AMOLED, batere lebih hemat 20% dari AMOLED biasa.

2. Teks/gambar pada layar SUPER AMOLED dapat dibaca dibawah sinar matahari langsung dan mengurangi 80% refleksi cahaya.
Point ini merupakan salah satu peningkatan yang paling signifikan menurut saya, karena ketidakmampuan/kerendahan tingkat baca dibawah sinar matahari langsung merupakan salah satu kelembahan terbesar layar OLED maupun AMOLED.
Pada layar AMOLED biasa, membaca teks/gambar sangat tidak mungkin dilakukan di bawah sinar matahari langsung (hampir tidak terbaca! Saya pernah testing gadget yang menggunakan AMOLED, sangat susah membacanya dibawah sinar matahari langsung/siang hari).
Hal ini dikarenakan display SUPER AMOLED terintegrasi/built in dengan touch layer nya. Sedangkan AMOLED tidak.

3. Viewing angle nya 180 derajat. 
Kalo anda sedang memperlihatkan foto / video ke teman anda yang disamping, anda tidak perlu susah-susah memindahkan gadget anda kepada teman disebelah anda. Ia pun dapat membaca / melihat dengan jelas tanpa blur dan distorsi! Hal ini tidak akan anda dapatkan pada layar OLED ataupun LCD.

4. Kontras ratio 1:100.000
Kontras ratio (tentunya dynamic kontras, walaupun tidak ditulis dalam statement nya Samsung) yang begitu tinggi untuk ukuran layar gadget 3.7 inch, akan sangat berasa. Layar terlihat lebih jernih, perpindahan warna sangat jelas/teratur. Kontras ratio seperti ini hampir serupa dengan HDTV standard.

5. Tingkat kecerahan / Brightness , 20% lebih cerah
20% lebih cerah dibandingkan dengan layar AMOLED biasa. Sekedar informasi, layar AMOLED menghasilkan lebih baik kecerahan dibandingkan dengan TFT LCD yang biasanya digunakan pada gadget-gadget.


6. Lebih tipis
Berpedoman pada point 2, akibat built in touch layer nya, maka menyebabkan layar SUPER AMOLED lebih tipis sehingga menciptakan gadget SUPER TIPIS menjadi mungkin.

Tulisan ini merupakan salah satu tulisan yang paling menarik dan paling saya semangat untuk menulisnya. Dikarenakan saya sudah mencoba teknologi ini SENDIRI pada gadget terbaru Samsung Galaxy S (release bulan Juli/Agustus 2010 di ICS).
Yang saya dapat katakan, layar SUPER AMOLED memang memukau, lebih baik dari Retina Display Iphone 4 (dalam hal kontras/kecerahan, bukan pixel depth karena masih kalah). Yup, tanpa adanya promosi, kehebatan yang digembar-gemborkan oleh Apple tentang Retina Display nya dapat dijawab/dibalas oleh Samsung lewat SUPER AMOLED display nya :)

Note (singkatan-singkatan) :
STN = Super Twisted Nematic
CSTN = Color Super Twisted Nematic
TFT = Thin Film Transistor
TFD = Thin Film Diode
UFB = Ultra Fine Bright
OLED = Organic Light-Emitting Diode
AMOLED = Active Matrix Organic Light-Emitting Diode
SUPER AMOLED = hanya istilah, menurut saya lebih tepatnya generasi ke-2 dari AMOLED display.


Semoga artikel ini berguna bagi pembaca.
Mohon maaf jika ada salah informasi mohon dikoreksi.
Segala saran dan kritik diterima. Thanks.

2 comments: