Sunday, December 25, 2011

Mutable, Immutable, Thread Safe, Not-Thread Safe

Just notes:

Mutable adalah objek yang ketika dibuat (instantiate), dapat dirubah isinya.
Immutable adalah kebalikan dari Mutable, ketika sudah di instantiated maka objek tersebut tidak dapat dirubah isinya. Contoh paling umum adalah objek String.

Contoh pada Java, kita harus berhati-hati dalam menggunakan String karena objek ini sifatnya immutable. Pada saat anda mendeklarasikan String kata = "Saya immutable", JVM akan membuat 1 objek immutable.
Ketika anda melakukan perubahan: kata = "Saya mutable" anda sebenarnya melakukan pembuatan objek baru lagi dengan variable "kata" dan isi "Saya mutable" namun pada alokasi memori yang berbeda dari variable sebelumnya. Jika terlalu banyak operasi seperti itu, dapat mempengaruhi performance.



Jika anda akan melakukan banyak perubahan atau penambahan kalimat pada String objek, biasakan menggunakan class StringBuilder atau StringBuffer, lalu pada akhir manipulasi tersebut ubah menjadi String.

Perbedaan StringBuilder dan StringBuffer hanya pada Thread Safe (String Buffer) dan Not-Thread Safe (String Builder).

Thread Safe adalah konsep yang menjelaskan jika terdapat 1 resource yang digunakan bersama pada satu waktu (shared resource) tidak memberikan hasil yang berbeda / tidak sinkron. Thread Safe dapat diartikan dengan synchronization. Sehingga terdapat aksi wait() terhadap resource yang dipegang oleh banyak thread.

Not-Thread Safe adalah kebalikan dari Thread Safe, jika ada 2 thread yang menggunakan 1 resource (shared resource) maka hasil/value yang diberikan bisa berbeda/tidak sinkron, tergantung siapa yang lebih dahulu mememegang resource tsb (hold / lock the resource).

Contoh kasus seperti ini:
Misal ada Objek X, resource A, resource B, perintah 1-2 pada Objek X.

1. Objek X di akses oleh dua thread A dan B
2. Objek X dipegang oleh A, melakukan 1 perintah terhadapa objek X, ketika selesai nilai Objek X berubah.
3. Objek X kemudian diakses oleh B setelah setelah perintah 1 diekseskusi A, objek X nilainya akan berubah setelah dieksekusi oleh B (perintah 1 diekseskusi oleh B).
4. Karena thread A agak lama, maka B tetap mengakses objek X dan mengeksekusi perintah 2 terhadap objek X, nilai objek X berubah. 
5. Objek X kemudian diakses kembali oleh thread A untuk mengeksekusi perintah 2, value apa yang diperoleh oleh A pada saat diakses kali ini?

- Jawaban tergantung pada Thread Safe dan Not Thread Safe.
Karena alokasi objek X terdapat pada alamat memori yang sama, maka pada langkah 5 nilai sebenarnya adalah: objek X setelah diekseskusi oleh B.
Jika Thread Safe, maka A akan membaca nilai objek X dimana dia terakhir diubah oleh B.
Jika, Not Thread Safe maka nilai objek X yang dibaca adalah nilai objek X yang terakhir diubah oleh A.

Semoga penjelasan ini bisa dimengerti.
Sebenarnya lebih enak pakai gambar :D

Jika ada salah, mohon koreksinya :) Maksud hati hanya mao sharing yang saya tau kok :D

2 comments:

  1. Wah, terima kasih, Gan. :-D
    BTW, kalo mau ngecek pakah benar alokasi memori yang digunakan berbeda pada String itu gimana ya? Misalnya dengan nyetak alokasi memorinya gitu.
    Terima kasih.
    :-)

    ReplyDelete