Sunday, December 26, 2010

Android Platform, The Open Source of Mobile Operating System

Lagi iseng buat tulisan, sekedar catatan harian aja yang msh nyantol di memory saya. Hehehe..

Salah satu yang paling memikat saya untuk menulis tentang sistem operasi mobile terbaru ini (lagi hot-hot nya) adalah Android Platform.


Sebelum itu, mari kita lihat dulu jumlah / kepemimpinan Operating System mobile yang ada di dunia saat ini:
1. Symbian (sekarang sudah diakuisisi oleh Nokia Corp)
2. IOS (Iphone)
3. BB OS (Blackberry)
4. Windows Mobile
5. Palm OS
6. Lain2
Semenjak Android meranah ke pasar smartphone/mobile, Android masuk dalam urutan 3 besar setelah IOS dan melangkahi BB. Hmm...


Berbeda dengan OS (operating system) yang sudah ada (Symbian, Windows Mobile, IOS, BB OS, Palm, dll), Android memiliki kelebihan yang tidak dimiliki OS lainnya.
OPEN SOURCE PROJECT.
Kata ini tidak akan asing bagi anda yang menggeluti bidang Teknologi Informasi. Atau setidaknya pernah mengikuti seminar Open Source Application.

Yup, OS ini bersifat terbuka "source code" -nya dengan dibawah lisensi GPL/GNU. Android adalah bagian dari OHA (Open Handset Alliance) yang berfokus pada pengembangan aplikasi/OS Open Source. Oleh karena proyek Open Source, dan dibesut oleh Google Inc., yang telah kita kenal sebagai search engine website yang terkemuka.
Perkembangan OS ini akan lebih cepat dibandingkan dengan OS lainnya yang tidak open source karena akan banyak developer yang bisa berpartisipasi guna mengembangkan OS Android ini ke arah yang lebih baik.
Vendor dapat lebih fokus ke arah pengembangan Hardware Handphone/Smartphone.
Maka jangan heran kenapa kita lihat akhir-akhir ini banyak sekali smartphone android dengan spek hardware yang tinggi dijual dengan harga yang bersaing dan terus berkembang.


Disamping Official Release nya, developer dalam komunitas-komunitas di internet juga dapat memodifikasi OS tsb dengan sesuka hati mereka dan dapat men-sharing apa yang telah ia modifikasi sehingga bisa dipakai publik.
Contoh modifikator terkenal seperti CyanogenMod yang namanya harum di komunitas ponsel Android HTC.

Berikut sedikit ringkasan Timeline/sejarah Android:
  • Android pertama kali di umumkan oleh OHA pada tahun 2007, 5 November.
  • SDK (Software Development Kit) muncul pertama kali untuk diujicoba pada tahun 2007, 12 November.
  • 17 April 2008, developer-developer ditantang untuk unjuk gigi membuat aplikasi Android.
  • Android Market resmi diumumkan 28 Agustus 2008. Konsep ini hampir menyerupai IOS (Iphone OS) dengan iStore nya.
  • HTC G1 sebagai ponsel Android pertama release di market pada tahun 2008, 23 September. Pada saat yang sama juga SDK v1.0 resmi release di public.
  • Tepat tanggal 21 October 2008, Source code diumumkan ke publik dan Android resmi sebagai Open Source Project.

Android pertama kali muncul di handset HTC G1. Kemudian HTC G2, Google Nexus One, dan yang terbaru saat tulisan ini dibuat Google Nexus S. Ketika itu Android masih versi 1.5. Kemudia berkembang ke 1.6, 2.1, 2.2 dan yang terakhir saat tulisan ini dibuat adalah 2.3.
Masing-masing memiliki code name:
v1.5 = Donut
v1.6 = Cupcake
v2.1 = Eclair
v2.2 = Froyo
v2.3 = Gingerbread
v.3.0 = Honeycomb

Saat tulisan ini dibuat, versi terakhir yang benar-benar sudah release resmi adalah v2.2 dan v2.3. Sedangkan Honeycomb maupun v4.0 yang masih dalam prototype yang belum resmi release.

Hal yang menarik bagi saya adalah perkembangan Android itu sendiri dan menyakinkan saya bahwa sebuah komunitas mampu mengalahkan sesuatu yang telah lebih lama exists, dengan Open Source, perkembangan Android tidak terbendung.

  • Majalah / tabloid Handpone yang saya baca belakangan ini sekarang sering membahas Android. Dikarenakan Android baru masuk Indonesia pada awal tahun 2010, Maret kalo tidak salah.
  • Aplikasi Android telah mencapai 200.000 lebih dan membayangi jumlah aplikasi Iphone dan Symbian, dimana Blackberry dan Windows Phone berada di urutan setelahnya. Peningkatan aplikasi ini naik 2x lipat dalam hanya kurun waktu 2 tahun.
  • Android ditujukan untuk pasar smartphone dan menurut saya lebih pantas disandingkan dengan Iphone, karena kebanyakan ponsel Android sekarang adalah multimedia phone.
Walaupun popularitas Android masih dibelakang, tapi kemampuan Android dalam kecepatan dan kestabilan mengakses internet / browsing jauh diatas kemampuan browser Safari di Iphone (nb. Safari Iphone merupakan browser dan IOS merupakan OS tercepat saat itu).
OS Android masih terus dalam tahap penyempurnaan dan menurut saya IOS masih sedikit lebih baik. Namun, karena Android adalah Open Source dan beruntung bagi anda yang suka mengotak-atik smartphone (oprek HP), Android adalah OS yang tepat untuk anda berkreasi!
Android notabene akan lebih cepat berkembang dibandingkan IOS, BB, Symbian ataupun Windows Mobile (Windows Mobile sekarang sudah berada pada versi 7 yang juga sedang naik daun).

Vendor Smartphone yang merelease Android Phone, sejauh yang saya tau dan trivianya (khusus di Indonesia saja ya) adalah:
1. HTC (Vendor no.1 asal Taiwan untuk urusan Pioneer "segala sesuatu" yang "baru". HTC dulunya adalah pemasok komponen smartphone ke berbagai vendor handphone seperti Palm, HP, O2 dan sekarang membangun merk sendiri.)
2. Samsung (Vendor no.1 di Dunia asal Korsel dalam hal market share alat2 elektronik.)
3. LG (Vendor no.2 di Korsel di bidang elektronik termasuk handphone)
4. Sony Ericsson (Join vendor antara Sony dan Ericsson yang namanya naik daun karena Walkman Phone nya)
5. Motorola (Vendor asal Amerika, pemain lama, dan naik daun karena HP tertipis pertama di dunia, dengan tipe RAZR/V3 )
6. Nexian Journey (Hp Journey asal Indo, tapi OEM nya banyak dipake di Eropa sana)

Ket: OEM = Original Equipment Manufactured

Hmm.. sekian sudah tulisan saya.
Moga-moga besok-besok dapet pencerahan lagi untuk nulis apa.. Hehe
Semoga informasi ini berguna gak cuman buat gw aja (sebagai refresher karena gw suka amnesia sesaat :D ), tapi buat yang lain juga.
Maaf kalo ada salah informasi, komen saja disini nanti saya koreksi. Thanks ^^

No comments:

Post a Comment