Pages

Sunday, January 2, 2011

Tipe - tipe Pendingin (Cooling System) pada PC

1. Water Cooling (WC)

Sistem kerja cooling satu ini, seperti yang dibicarakan yakni menggunakan air (air radiator/coolant). Air tentunya akan disalurkan menuju bagian hardware yg telah dipasangi waterblock sebelumnya. Biasanya Procie dan VGA. Hal yang rada menyusahkan dari tipe cooling ini adalah pemasangannya yg rada ribet dan jika terjadi korosi pada waterblcok-nya tentu akan berakibat kebocoran (bayangin kalo pake air biasa, bisa korslet PC anda), untuk itu disarankan untuk menggunakan WB yg berkualitas baik.
Untuk penggunaannya sendiri, baik overclock maupun tidak WC tergolong baik karena suhu jelas akan terjaga.

2. Air Cooling (AC)

Tipe cooling satu ini memang mengandalkan hembusan angin dari fan yg terpasang pada heatsink nya. AC terbaik tentunya memiliki kualitas bahan yg baik dan mempunyai heatpipe yg OK, beberapa tipe AC kadang pencapaian suhunya bisa menyamai WC, harganya pun relatif lebih murah dari WC menjadikannya alternatif pilihan tepat untuk daily use dan safe overclock. Pemasangannya pun tergolong mudah.

3. Ice Cooling (IC)


IC adalah tipe pendingin xtreme yang biasa di gunakan oleh para benchmarkers dan overclockers. Jenis pendingin yang digunakan mulai dari Dry Ice, Liquid Nitrogen bahkan Liquid Helium! Pencapaian suhu dari bahan-bahan tersebut mampu mencapai suhu minus atau dibawah nol bahkan untuk LHe pencapaian suhunya hingga ke -256 derajat. Namun tentunya, Anda butuh bahan yang bagus untuk pot (bong)nya karena tentunya untuk menahan suhu seperti itu, cepat dan tidaknya dia mengalirkan dingin ke hardware sangat bergantung dengan kualitas bahannya. Harga untuk pot nay sendiri jauh lebih mahal jika dibanding cooling jenis WC dan AC dan untuk bahan seperti DI, LN2 dan LHe sendiri juga relatif mahal. Penggunaannya yang begitu singkat tentu akan menghabiskan biaya jika dipake buat daily use. Tapi jika bercita-cita ingin jadi overclocker sejati atau benchers, Anda wajib punya part yg satu ini..

4. Phase Change / Thermolectric Cooling (TC)
Nah ini yang terbaru, dan saya belum pernah melihatnya secara langsung di event-event overclockers / benchmarking.
Sejauh yang saya tau, tipe ini mendinginkan dengan bantuan tegangan listrik. Informasi lebih jelasnya belum sempat saya cari tau. Hehe..


Yang pasti 3 dari 4 diatas adalah tipe pendingin yang telah dikenal dan diketahui oleh orang banyak.
Hope this information usefull to you all readers! :)

1 comment: