Pages

Sunday, July 3, 2011

Varian Linux Distribution Berdasarkan Package-nya

Terlalu banyaknya varian linux sekarang ini membuat kita jadi semakin bingung.
Inisiatif dari tulisan saya saat ini hanyalah sekedar rasa ingin tau dan mengdokumentasi tentang apa saja varian linux yang masih exists sampai saat ini.

Pembagian dan list varian linux distro ini berdasarkan atas perbedaan package.
Package adalah distribusi software, aplikasi dan data. Package biasanya diatur lewat sebuah Package Management System / PMS (semacam "install manager") yang jika di Ubuntu digunakan software Synaptic (karena yang saya tau hanya di Ubuntu) untuk memudahkan proses pengambilan package yang terkait pada repository.
Oke cukup, karena saya tidak akan membahas apa itu package, PMS, repository ataupun synaptic itu sendiri :p

Mengingat distro yang saya gunakan saat ini adalah Ubuntu, maka saya mengambil contoh Ubuntu. Saya sering mendengar Ubuntu adalah varian dari Debian (menggunakan basis Debian (turunan Debian) sebagai package distribution), dengan ekstensi filenya adalah .deb.

Berikut jenis-jenis varian Linux berdasarkan distribution packagenya:

Yang saya list turunan distronya hanyalah yang saya anggap well-known

1. Debian Based
   Distro yang menggunakannya : Ubuntu, Knoppix, Maemo (development tools untuk handheld seperti Nokia N900 dan tablet)

2. Gentoo Based
Distronya : Chromium OS dan Google Chrome OS
Menggunakan Portage sebagai PMS nya.

3. Pacman Based
Saya sendiri baru dengar tentang based distro yang satu ini, ketika saya cari tau, maka distro varian yang saya temukan adalah: Arch Linux, Knopp Myth, DeLi Linux, Frugalware Linux

4. RPM based
Salah satu yang paling dominan selain Debian.
Distronya : Red Hat, SUSE, Mandriva
Red Hat sendiri terpecah menjadi 2: community dan commercial support division.
Untuk yang komersial adalah Red Hat Enterprise, sedangkan yang community support adalah Fedora.

5. Slackware based
Diketahui bahwa varian ini lebih dikhususkan untuk advanced user atau orang yang ingin mendalami kerja atau lingkungan linux lebih dalam. Karena hampir sebagian besar software dan automisasi dipangkas untuk memudahkan kostumisasi dan konfigurasi.
Distronya : KateOS, SalixOS, Wolvix.

Dari 5 distro utama diatas, Red Hat, Knoppix, Ubuntu, Mandriva dan Fedora juga memiliki turunannya masing-masing. Mungkin dikarenakan Linux Distro mereka adalah yang paling luas digunakan (terkenal).


Sumber: Wikipedia

Kalo ada salah mohon dikoreksi ya :)

No comments:

Post a Comment