Pages

Wednesday, July 3, 2013

6 Makanan Murah Meriah Bernutrisi Tinggi Pencegah Kanker

Superfood adalah setiap jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap penunjang kesehatan. Sederhananya, superfood adalah makanan yang kaya akan bahan kimia tertentu yang mempromosikan perbaikan sel secara efisien, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas yang tinggi. Dan yang paling penting, superfood tidak harus makanan dengan harga mahal, karena di sekitar kita banyak sekali superfood yang memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan dengan harga terjangkau. Berikut di antaranya:

Tomat

Tomat mengandung lycopene yang sangat tinggi. Lycopene merupakan antioksidan yang mendukung kesehatan prostat dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Para ahli medis sering menganjurkan para pria untuk gemar mengonsumsi tomat untuk kesuburan dan umur panjang.
Kelebihan lainnya, tomat bisa menjadi makanan fleksibel yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan dapat dihidangkan dengan makanan lain tanpa mengganggu penampilan atau cita rasa makanan tersebut.

Brokoli

Seperti halnya tomat yang mengandung nutrisi penting untuk mencegah kanker prostat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, brokoli juga diperkaya zat anti kanker yang disebut sulforaphane. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan brokoli adalah kanker payudara, rahim, kelenjar prostat, usus, ginjal, hati dan paru-paru.
Dalam beberapa literatur disebutkan brokoli juga mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak, sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kerang

Sebuah penelitian di Jepang yang di muat dalam jurnal Circulation, Januari 2006 menyebutkan, mengonsumsi kerang minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah serangan stroke iskemik dan serangan jantung. Kerang mengandung asam lemak omega 3 yang berperan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan penyakit kardivaskular lainnya.
Kerang juga diperkaya dengan zinc yang ditengarai dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria. Hormon ini berperan penting untuk meningkatkan kesuburan pria.

Tempe

Tempe bisa dijadikan alternatif pengganti daging. Sebab, tempe merupakan bahan pangan berprotein nabati yang bernilai tinggi. 100 gram tempe mengandung 18,3 protein, sedangkan 100 gram daging mengandung 18,8 dan 100 gram telur mengandung 12,2 protein. Karena proteinnya yang hampir sama dengan daging, maka tempe bisa dijadikan pilihan tepat sebagai superfood murah meriah.

Jamur

Jamur adalah ciptaan alam yang paling unik karena mereka bukanlah tanaman sungguhan yang bahkan tidak memiliki akar. Jamur adalah anggota dari keluarga fungi. Anda tidak perlu meragukan kehebatan jamur karena semua jenis jamur mengandung kandungan gizi yang tinggi seperti selenium, vitamin B kompleks, tryptophan, tembaga, dan kalium bersamaan dengan fitonutrien. Jamur memiliki kekuatan antioksidan hebat untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas berbahaya.

Semangka

Lebih dari 90 persen komposisi semangka terdiri dari air. Kandungan air dalam semangka diperkaya dengan vitamin dan mineral penting seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, kalium dan magnesium.
Beta karoten, lutein, dan zeaxanthin bekerja sama melindungi kesehatan mata dari macular degenaration, atau penurunan fungsi mata akibat bertambahnya usia. Sedangkan kalium dan magnesium membantu fungsi insulin dalam mengendalikan gula darah (mencegah diabetes).


Sumber: yahoo
Just collecting notes and sharing.. Please let me know if there are wrong statements in this article or a copy-paste one.

13 comments:

  1. memangg makanan alami lebihh baikk unutuk kesehatann.... thx gann

    ReplyDelete
  2. kerang jenis apa gan? setau saya banyak kerang yang sudah tercemar dgn zat-zat berbahaya

    ReplyDelete
  3. sekedar info, skarang banyak yg sudah tercemar gan.. pandai2 memilihh dhee.. still healty

    ReplyDelete
  4. makanan sehat untuk jiwa yang cerdas

    ReplyDelete
  5. yupzz.. semua nya sehat tanpa bahan kimia

    ReplyDelete
  6. Ternyata memang semangka mengandung zat antikanker karena kaya akan antioksidan. Tambhn gan, semangka juga mengandung lycopene yang juga sangat bermanfaat untuk esehatan ibu hamil

    ReplyDelete