Sunday, March 28, 2010

SEO - Info dasar mengenai SEO

Search engine optimization (SEO) adalah proses meningkatkan volume dan kualitas traffic dari sebuah website melalui search engine melalui hasil pencarian yang sifatnya “natural”. Ada 2 faktor utama dalam SEO: on-page optimization dan off-page optimization.
Saya akan coba menjelaskan 2 faktor tersebut secara ringkas:

ON-PAGE OPTIMIZATION

BLOG ATTRIBUTE
Kita harus memperhatikan dan mengetahui terhadap hal-hal berikut ketika ingin membuat blog atau memaksimalkan SEO blog kita:

1. Domain Name
Domain name adalah alamat URL blog kita. Meskipun hal tersebut memberi pengaruh terhadap SEO, sekarang ini domain name tidak menjadi suatu elemen yang utama dalam SEO. Kita tidak perlu mencari domain name yang penuh dengan keywords yang banyak. Cukup beli domain name yang pendek dan mudah diingat.


2. Blog Name
Blog name juga suatu hal yang penting dalam SEO. Kita harus menginput keywords dalam nama blog kita. Tidak perlu terlalu panjang, 80 karakter maksimal.

3. Meta Tag
Meta tag adalah deskripsi pendek mengenai blog kita dan juga kata kuncinya (keywords). Jangan buat terlalu panjang, 80 karakter maksimal.

4. Design and layout
Blog harus di desain agar SEO-friendly. Pastikan struktur konten terletak di atas dari elemen yang lain. Untungnya, blog theme sekarang ini sudah SEO-friendly.

5. HTML Attribute
Gunakan heading structure H1, H2, or H3. Berguna sebagai penanda pentingnya judul dari konten. Ini akan memberikan nilai tambah di SEO.


CONTENT ATTRIBUTE
Kita harus memperhatikan hal-hal berikut jika ingin meng-post artikel ke dalam blog:

1. Keywords
Keywords (seperti yang sudah sering disebutkan diatas) adalah kata kunci yang menjadi topik atau ide utama dalam konten artikel kita. Keyword adalah hal yang sangat penting dalam SEO. Search engine akan memberikan nilai (values) berdasarkan keyword yang sudah kita masukkan di post tersebut. Semakin relevan dan baik keyword, semakin besar kemungkinan search engine mengoptimisasi hasil pencarian.

2. Keywords Quantity
Kuantitas dari keywords berdasarkan pada panjang dari posting. Setidaknya kita harus menaruh 2-5 keywords di dalam artikel. Terlalu banyak keywords juga berdampak buruk, karena search engine akan mengira isi/konten dari artikel adalah SPAM.

3. Keywords Variation
Daripada memperbanyak kuantitas dari keyword, lebih baik memberikan banyak variasi pada keyword. Ini adalah salah satu faktor meningkatkan SEO. Jangan pernah menaruh keyword yang sama lebih dari 1 pada 1 posting. Sebagai gantinya, lebih baik menaruh sinonim dari keyword yang sudah ada pada artikel tersebut.



OFF-PAGE OPTIMIZATION
Berbeda dengan on-page, off-page optimization lebih kepada usaha meningkatkan SEO yang berasal dari luar.
 
1. Backlink Quantity
Backlink adalah link yang datang dari blog lain. Senakin banyak kuantitas dan kualitas backlink yang kita dapat, semakin besar efek yang di peroleh dalam SERP (Search Engine Result Page).

2. Backlink Quality
Jangan juga sembarang menaruh backlink, tetapi haruslah backlink yang berkualitas:

- Datang dari blog dengan topik yang serupa
- Datang dari blog yang baik (minimal PR 7)
- Backlink 1 arah (A one-way backlink)
- Tidak datang dari link-farm (u know what I mean lahh..haha)

3. Natural backlink
Natural backlink adalah link yang diberikan kepada blog yang memiliki kriteria sebagai berikut:
- Link ditaruh dalam bentuk kata (bukan di blogroll)
- Variasi dari banyak keyword
- Link tidak datang dari IP yang sama.
- deep linking (link dalam artikel, bukan di homepage)

Hal-hal lain yang patut dipertimbangkan :
1. Buatlah sitemap.
Bisa dilakukan dengan tools (banyak yang free) untuk membuat sitemap dalam website atau blog kita. Jika blog anda menggunakan Wordpress, tinggal download plugins sitemap. Mudah bukan?

2. Pilih frekuensi posting kita.
Jika terlalu sibuk posting tiap hari, pilihlah posting tiap minggu. Yang penting teratur frekuensinya.

3. Jangan copycat.
Ini paling penting!! Copy-paste konten adalah sesuatu yang harus kita hindari!! Buatlah artikel unikmu sendiri!

4. Jangan pernah menaruh invisible text.
Sebenarnya ini juga konsep SEO. Tapi dari sisi gelapnya.. cie ileee.. Jika ditemukan/ketauan oleh web crawler, sudah dipastikan kita bisa kena pinalti.

Disadur dari infogaptek.com.
Di edit dan diterjemahkan seperlunya oleh saya (of course, not google translate).

No comments:

Post a Comment