Pages

Thursday, March 18, 2010

Flashdisk FAT32 Tidak Support 7Gb transfer data?

Baru kemarin ini gw ketemu hal yang sangat aneh (menurut gw)..
jadi ceritanya begini:
waktu itu kan gw mao copy file ISO yg besarnya sekitar 7Gb. Sayangnya waktu itu kakak gw gak bawa kabel cross untuk transfer antara PC ke PC (maklum dadakan).. sedangkan di rumah gw cuma ada kabel straight untuk menghubungkan pc ke device lain (device yg berbeda jenisnya).


Lagi-lagi juga kebetulan nih, flashdisk yang gw pinjem dari temen gw,  belum gw balikin, jadinya gw pake itu flashdisk deh buat copy paste dr laptop kakak gw ke PC.
setelah gw pindahin data sementara yang ada di flashdisk ke laptop, dan berniat untuk copy file ISO tersebut ke flashdisk, apa yg terjadi ??

zzzzzz.... ternyata kedapetan error yang tulisannya kira2 begini: "THE STORAGE DEVICE YOU WANT TO TRANSFER IS NOT HAVE ENOUGH SPACE"...

weleh2.. aneh bner.. padahal isinya uda kosong..
setelah beberapa saat diselidiki, ternyata masalahnya adalah sistem file flashdisk yang digunakan masih FAT32 !! bukan NTFS.. inilah yg jadi akar masalah!!

yup, gw masih inget dulu waktu gw masih sekolah, gw pernah baca dari help windows tentang sistem file WINDOWS ini.. FAT dan NTFS. dimana setelah kemunculan WinXP, hampir sistem FAT tidak terlalu baik untuk digunakan.
NTFS sudah menjadi pilihan yang baik untuk sistem yang sekarang kapasistas filenya besar2, tentunya juga diliat dari sisi security (seperti folder permission, compression, dll).

jika dikutip dari help windows, sistem FAT32 hanya mensupport data 4GB untuk transfer.. inilah biang keladi dari permasalahan flashdisk temen gw..

semoga informasi ini berguna buat newbie-newbie sekalian seperti saya.. ^^
tunggu artikel selanjutnya tentang sistem manajemen file windows (FAT dan NTFS) ^^

This message is automatically generated in each my post
- testing only -

2 comments:

  1. trus bedanya NTFS ama FAT32 apa? apa yg ngebuat orang masi pake FAT32?

    ReplyDelete
  2. sebenarnya, di jaman sekarang ini, sistem FAT32 sangat tidak disarankan untuk di gunakan lagi..
    CMIIW

    ReplyDelete