Tuesday, March 23, 2010

SAP.. apa sih itu?

Tepatnya pertengahan bulan Maret ini, pas lagi semangat-semangatnya cari informasi seputar IT.. eh nyantol deh ke SAP..

Gw sendiri juga kurang ngerti apa sih itu SAP? Karena gw backgroundnya TI dan bukan SI, mungkin anak SI lebih mengerti mengenai SAP dan konsep dasarnya yaitu ERP.
Berikut ini sedikit keterangan tentang SAP yg gw buat sendiri dengan menyadur dari berbagai sumber.

Apa sih SAP itu?

SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas bisnisnya.
SAP (System Application and Product in data processing) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya (business process) secara lebih efisien dan efektif.
Kenapa?
SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap modul tersebut dapat saling terintegrasi.

SAP? uda berapa lama sih?
SAP pertama kali ditemukan dan didevelop oleh 5 orang engineer IBM Jerman.
tahun 1973: SAP R/1 direlease
tahun 1979: SAP R/2 direlease
tahun 1981: SAP di re-desain sampai akhirnya di tahun 1993 R/3 release.

SAP atau SAP R/3 (versi terbaru saat ini) adalah salah satu merek software ERP terbesar di dunia dan juga di negri kita ini :)
SAP katanya (dan mungkin faktanya) memegang pasar lebih dari 80% sebagai ERP software di Indonesia.

Jadi, singkatnya SAP itu hasil produk (merk software) dari ERP.
dan ERP adalah fondasinya.


Lalu darimana sih SAP berasal?
Pendiri SAP adalah orang-orang dari IBM Jerman (former) pada tahun 1979 (CMIIW) dan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun sampai yang terakhir SAP R/3 ( akibatnya aplikasi ini banyak menggunakan istilah Jerman seperti penamaan field, function dan istilah lainnya. Ini salah satu alasan mengapa ABAB itu "SULIT, SUSAH, TIDAK FAMILIAR" bagi gw dan mungkin programmer lain. SAP sendiri membawa karakter Jerman yang kaku dan robust (kompleks) dalam hal design functional. Banyak orang yang mengeluhkan SAP tidak user friendly. ~_~

SAP dipakai dimana saja?
SAP dipakai hampir disemua lini industri, walaupun awalnya dirancang untuk manufacturing industri.
Sampai saat ini SAP sudah mulai diterapkan di berbagai perusahaan, khususnya perusahaan besar, karena untuk implementasi SAP ini, nilainya bisa miliyaran, tergantung dari kebutuhan perusahaan.

Pada awal tahun 90-an Astra International, Toyota, Indofood termasuk perusahaan perusahaan pionir untuk implementasi SAP di Indonesia. Meskipun demikian Banking dengan Core Banking-nya, atau Telco dengan Billing Systemnya, tetap bisa menggunakan SAP ini karena system modularnya yang bisa dipakai.

Apa saja isi SAP itu?
SAP termasuk sangat lengkap sebagai software ERP.
Dulu kita umumnya mengenal (programmer) hanya membuat satu modul saja dalam pembuatan aplikasi/softwar, misalkan Sistem Informasi penggajian, SI. Penjualan, SI. Keuangan, dll. Tapi dengan SAP, semua menjadi terintegrasi hanya dengan menggunakan 1 software saja. Contohnya, detik ini warehouse department di Jogya mengeluarkan barang (good issue), manajer accounting headoffice di Sudirman Jakarta sudah bisa melihat pergerakan barangnya.

Modul apa saja yang dimiliki SAP?
SAP pada dasarnya menyediakan semua solusi untuk semua fungsi dalam perusahaan, dalam industri manapun. Tapi pada umumnya modul SAP yang sering dipakai adalah:

* FICO (Financial Controlling)
* SD (Sales & Distribution)
* MMPP (Material Management, Production Planning)
* HR (Human Resources)

Dimana kita belajar SAP?
Kita bisa belajar SAP di training-training yang menyediakan SAP atau SAP partner certified. Konon, yang saya kutip dari blog orang, harganya $5000/modul untuk pelatihan kurang dari seminggu.
Buset dah, mahal banget ya.. ya memang setau saya mahal bukan main dan untuk update harga terbarunya bisa di cek di lokasi training terdekat anda (mungkin sudah berubah)
Katanya sih, training SAP merupakan training yang paling mahal di dunia dibandingkan yg lain seperti Oracle, Microsoft dan kadang harus di luar Jakarta/negri.

Lalu bagaimana solusinya?
Cara paling murah dan gratis adalah masuk di perusahaan yang menggunakan SAP, jadi implementor SAP, auditor SAP atau apapun yang berhubungan dengan SAP. Baru kita bisa belajar dengan mudah dan GRATIS tentunya. Coba tanyakan veteran SAP yang ada sekarang? kenapa mereka bisa belajar SAP? menjadi pakar SAP? pastinya karena mereka ada pada saat implementasi SAP.

Astra adalah contoh paling mudah, veteran implementor SAP di Astra sekarang tersebar dimana-mana. Mereka dianggap implementor yang paling berpengalaman dengan SAP. Mudah, karena mereka mengalami periode implementasi yang kompleks itu.

lagi-lagi sumber tersebut saya kutip dari blog orang.

Dibidang apa saja kita bisa berkarir dengan SAP?
1. Functional:
ini berhubungan dengan fungsi si ERP, biasanya orang dengan latar belakang keuangan (untuk modul FICO), orang berlatar belakarng HRD (untuk modul HR), ataupun orang teknik (untuk modul PP, PM) atau bahkan orang diluar bidang ilmu terkait bisa menjadi functional (walaupun jarang).

Functional berhubungan dengan design business process dari si ERP. Persoalan design ini penting, karena proses untuk tipe industri yang sama pun bisa berbeda tergantung dari bisnis proses dan kebijakan perusahaan.

2. ABAP-er :
ato programmernya SAP. So pasti posisi ini diisi oleh orang-orang dengan background IT. Mereka bertugas membuat report / customize sistem SAP.
ABAP merupakan stand alone programming languages yang dibuat oleh SAP.

3. Basis:
Sebutan umumnya untuk kita adalah system administrator. Basis ini lah yang membuat user, membuat roles & profiles, mengatur security parameter, mengatur scheduling, set up system dan pekerjaan admin lainnya.

Lalu, ada gak sih pelajaran tentang SAP di perkuliahan?
Ada! Beberapa univ sudah memasukkan mata pelajaran SAP ini di kuliahnya. Sayangnya di tempat gw kuliah, untuk dapet mata kuliah ini, harus ikut proses seleksi yang cukup ketat karena tenaga pengajarnya DIKIT sedangkat peminatnya banyak.. LOL.. (istilahnya peminatan khusus, cape deee.. )

Ada gak sih ERP software selain SAP?
Tentu ada donk, seperti Solomon (sudah obselete), BAAN, SCALA, Epicor, Infor, dll. Malah ada beberapa yang opensource seperti OpenBravo, Compiere, dll.
Oracle E-Business Solution adalah salah satu kompetitor terdekat dari SAP.
Begitu juga dengan Dynamix AX / Axapta dari Microsoft.
Hanya saja beberapa ERP ada yang ke arah small to medium company atau large company.

So, berminat untuk berkelut di SAP ?


This message is automatically generated in each of my post
www.facebook.com/yosepg/

No comments:

Post a Comment