Friday, May 28, 2010

Akses Gratis Facebook via Mobile Phone / Handphone / Ponsel



Lagi browsing - browsing di komputer, gak sengaja ketemu info menarik dari Facebook. Bagi yang udah tau, harap maklum, karena gw juga baru ketemu kemaren dan langsung nulis di blog ini. hehe..
Gw rasa tulisan gw ini yang paling berguna buat gw, apalagi buat para pengguna Facebook. Hehe..

Yup, kali ini Facebook memberikan akses gratis ke Facebook tanpa dikenakan biaya akses data dari operator.
Facebook Zero, adalah salah satu nama feature baru dari Facebook dengan alamat 0.facebook.com yang dapat diakses dari perangkat mobile / handphone tanpa dikenakan biaya akses data! Tentunya hanya bagi pelanggan2 operator yang sudah bekerja sama dengan Facebook.

Nah, saat ini yang gw tau, sudah ada tiga operator Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Facebook. Operator telepon yang gw gunakan juga termasuk salah satunya :) , yaitu Three , AXIS, Telkomsel. Mungkin kedepannya akan lebih banyak (termasuk XL dan Indosat).
Tampilan dari 0.facebook.com pun hampir serupa dengan m.facebook.com. Hampir semua aktivitas tidak dikenakan biaya seperti : melihat news feed, update status, menulis wall, memberi komentar, membaca dan mengirim pesan/message.

Loh, lalu apa bedanya? Tentunya karena aksesnya gratis, ada keterbatasan yang dimiliki. Yaitu, kita tidak bisa melihat foto-foto. Foto yang ditampilkan hanya berupa link, yang jika di klik akan dikenakan biaya (sesuai dengan tarif akses data dari operator yang bersangkutan). Biaya juga dikenakan jika mengakses alamat website di luar 0.facebook.com, walaupun diakses lewat profile/newsfeed kita (ya iyalah, namanya juga domain 0.facebook.com aja yang di kasih akses free :D )

Oh iya, perlu diperhatikan, ketika mengakses lewat mini browser (seperti Opera Mini 5), akses ke 0.facebook.com langsung diarahkan ke halaman peringatan bahwa carrier (operator) yang digunakan tidak mendukung akses 0.facebook.com. Hal ini dikarenakan akses lewat Opera Mini 5 indirect. Jadi akses dilakukan ke server Opera dahulu, baru ke 0.facebook.com.
Gw gak jamin ya kalo semua mini browser yang lain juga indirect :p

Karena itu, gunakan browser bawaan dari Handphone dan jika ada informasi "Akses Gratis dari 3 (Indonesia)" atau "Free Access By 3 (Indonesia)" (ketika digunakan di handphone & operator gw), berarti browsing ke 0.facebook.com sudah BERHASIL dan GRATIS. hehe.. Tapi jika yang muncul : “0.facebook.com is not available from your mobile carrier” meskipun menggunakan operator yang mendukung, maka kemungkinan browser yang digunakan tidak mendukungnya.

So, bagaimana? Anda salah satu pengguna tiga operator tsb?
Facebook'an dimanapun anda berada sekalipun di kantor di blok aksesnya. Hahahaha...
Akses free ini sangat berguna buat kalian yang gak pake biaya langganan internet di handphone dan doyan Facebook'an :)

No comments:

Post a Comment