Tuesday, May 11, 2010

Akuisisi Terbesar Sepanjang Sejarah Yang Pernah Terjadi Di Dunia


Sedang iseng-iseng browsing soal Peoplesoft yang diakuisisi oleh Oracle, gak sengaja ketemu info yang menarik tentang Akuisisi Terbesar Sepanjang Sejarah Yang Pernah Terjadi Di Dunia.

1. AOL oleh Time Warner, $164 milyar (2000)
Akuisisi AOL oleh perusahaan hiburan raksasa Time Warner mencatat rekor akuisisi termahal yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Setahun setelah akuisisi yang berlangsung pada tahun 2000 tersebut, US Federal Trade Commision mengukuhkan transaksi akuisisi tersebut secara formal dan legal pada Januari 2001. Awalnya memang berat bagi Time Warner yang mengalami kerugian sebesar $99 milyar pada tahun 2002, tetapi kemudia mereka bersinergi dan bangkit menjadi raksasa media baru yang tak terkalahkan.

2. Worldcom - MCI, $37 milyar (1998):
Raksasa telekomunikasi Worldcom yang bermarkas di USA membeli MCI yang pada saat itu telah membentuk joint venture dengan British Telecom dalam proyek Concert Communications Services senilai $1 milyar.
Oleh karenanya, Worldcom wajib membayar British Telecom setidaknya $7 milyar untuk ‘membebaskan’ MCI. Kesuksesasan Worldcom ‘menyingkirkan’ BT demi menguasai MCI ternyata tidak membuat Worldcom berjaya. Pada tahun 2002, 4 tahun setelah akuisisi tersebut, Worldcom dinyatakan bangkrut setelah gagal bertahan melawan persaingan harga yang brutal. Bangkrutnya Worldcom tercatat sebagai kegagalan terbesar perusahaan telekomunikasi di Amerika.

3. HP - Compaq, $25 milyar (2001):
Hewlett Packard membeli Compaq, sebuah perusahaan manufaktur PC, sekitar 7 tahun yang lalu. Akuisisi sebesar $25 milyar yang dilaporkan sebagai akuisisi terbesar pada sektor manufaktur elektronik ini pernah diramalkan akan mengancam pendapatan IBM. Carly Fiorina dari HP akhirnya ditunjuk sebagai CEO baru pada perusahaan gabungan tersebut.

4. Symantec - Veritas, $13.5 milyar (2004):
Symantec berhasil membeli Veritas, sebuah perusahaan perangkat lunak, senilai $13,5 milyar. Akuisisi tersebut seketika melahirkan perusahaan perangkat lunak manajemen sistem keamanan dan penyimpanan yang menjanjikan dengan pendapatan rata-rata $5 milyar per tahun. Dalam waktu kurang dari 3 tahun, nilai investasi akuisisi tersebut telah balik modal.

5. Oracle - Peoplesoft, $10.3 milyar (2004):
Perusahaan perangkat lunak Oracle telah membeli berbagai perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Namun akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Oracle adalah pembelian PeopleSoft senilai $10,3 milyar pada tahun 2004. Sejak akuisisi tersebut, Oracle mencatat kenaikan sebesar 10% pada harga per lembar sahamnya.


Maaf kalo ada salah, cuman mao sharing yang saya tau :p

No comments:

Post a Comment