Saturday, May 8, 2010

Ponsel Android

 Hmm.. lagi iseng-iseng mao bandingin Blackberry Storm ama Iphone 3G, gak sengaja ketemu soal Android.
Sebenarnya ngebahas hal ini pun uda cukup basi. Tapi gw rasa masih relevan lah, karena belum banyak user yang tau soal Android. Lalu apa sih Android itu?

Android adalah sebuah Sistem Operasi (selanjutnya ditulis OS) yang ditanamkan pada ponsel/smartphone. Yup, OS seperti Windows Mobile (WinMo), Iphone, BlackBerry OS dari RIM, Symbian, dll.
Tentunya tiap OS masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Dan salah satu kelebihan Android OS ini adalah OPEN SOURCE. Bagi praktisi IT, tentu tidak asing oleh kata-kata ini (IT gitu loh. hahaha).

Yup, kelebihan OS Android ini bisa gw simpulkan begini:
  1. Fully Open Source 
    Maksudnya disini adalah source code atau kode-kode sumber dalam pembuatan OS ini (baik OS itu sendiri dan aplikasi built-in) dapat diperoleh, dipergunakan dan dimodifikasi dengan bebas oleh komunitas/personal dan TANPA BATASAN. Hal ini memungkinkan biaya yang lebih murah karena gratis dan pengembangan yang relatif cepat karena open source.
  2. Berbasis Kernel Linux 2.6 
    Linux sudah terkenal dengan Open Source-nya yang reliable dan secure dan yang paling penting, GRATIS. wkwkwk. Android OS untuk ponsel ini dibangun dengan menggunakan kernel Linux 2.6 yang sudah terbukti stabil di versi PC nya (ex. Ubuntu,Fedora,RedHat,OpenSuse,dll). Pembangunan aplikasi/game 3D menggunakan NDK (C/C++) dan ADV (Java) yang tentunya cukup powerful untuk menyaingin vendor OS lainnya.
  3. Android adalah hasil akuisisi Google Inc. 
    Google Inc. mengakuisisi perusahaan Android pada tahun 2005. Kita telah mengetahui bahwa Google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di bidang Teknologi Informasi. Kredebilitasnya dapat dijadikan jaminan bagi user untuk menggunakan Google Android.
  4. OS yang kompetitif di market
    Fitur-fitur yang dibenamkan pada Android OS sangat kompetitif. Bisa dibilang rival dari Iphone dan OS touch screen lainnya (ex. BB Storm). Semua aplikasi yang built-in pada Android sudah sangat baik, dan dapat menunjang dalam proses komunikasi, bisnis dan multimedia. Karena sifatnya yang open source, maka secara tidak langsung lebih banyak aplikasi gratisan yang tersedia ( kata GRATIS memang paling POWERFUL. hahahaha)

Sekedar tambahan, ketersediaan aplikasi pada OS yang satu ini memang masih kalah banyak dibandingkan WinMo, Symbian, BB (sekarang BB uda makin banyak) ataupun Iphone. Tapi mengingat jangka panjangnya, gw rasa gak bakal makan waktu lama untuk menyaingi ketersediaan aplikasi pada OS lainnya. (lihat aja sekarang, uda banyak banget tuh).

Selama ini sih, yang gw liat Android ponsel biasanya digunakan pada ponsel touchscreen (makanya pada awal gw tulis, tertarik untuk ngelirik ponsel Android sebagai alternatif Iphone :p ).
Touchscreen yang digunakan adalah Capacitive, dan bukan Resesitif (sama seperti Iphone).
Katanya sih, Android lebih cenderung ke arah multimedia, tapi liat aja deh ntar kedepannya. Gw juga bukan orang yang maen HP seh, jadi kurang tau. HAHAHA

Saat ini Android sedang hot-hot nya menjadi sorotan di berbagai vendor ponsel seperti Motorola, Nokia, Samsung, HTC, dll. HTC sendiri adalah vendor ponsel pertama yang menggunakan Android sebagai OS nya.

Berminatkah anda menggunakan ponsel Android?
Gw sendiri begitu menyukai Iphone (tapi karena dana gak mumpuni untuk beli Iphone 3GS yang baru digaet ama telkomsel doank, maka gak bisa beli), dan setelah melihat potensi-potensi Android ini, ada keinginan untuk mencicipi OS ini.

Sekarang ini sih masih puas dengan OS WinMo :)


Maaf kalo ada salah, cuman mao sharing yang gw tau :p

No comments:

Post a Comment