Monday, June 21, 2010

Material pengganti Blu-Ray Disc? Mungkinkah?

Sebelumnya pengen cerita dikit kenapa saya memilih untuk menulis topik Blu Ray Disc.
Mungkin semua orang pernah mendengar tentang Blu Ray Disc, tapi hanya sedikit yang tau pasti tentang teknologi ini (termasuk saya :D ).

Blu-Ray Disc atau disingkat BR atau BD atau Blu-Ray saja, memang dimaksudkan untuk mengganti disc yang telah lama kita kenal, DVD.

Awalnya Blu-Ray hanya bisa menampung 25GB dalam 1 layernya, dan mempunyai kapasitas menampung 50GB dalam 2 layer (itupun sudah besar menurut saya pada saat itu).
Belakangan ini ada berita terbaru bahwa Sony dan Panasonic melakukan kerjasama untuk mengembangkan jenis Blu-Ray terbaru yang bisa menampung data sampai 67 GB.

Berarti jenis terbaru ini 34% lebih besar kapasitasnya atau setara 17 GB, cukup banyak pertambahannya!! Kabar baiknya bagi yang sudah memiliki Blu-ray player, jenis disc baru ini bisa digunakan dengan player Blu-ray lama anda.
Sejauh ini, baik Sony maupun Panasonic belum memastikan kapan disc Blu-ray 67 GB ini akan mulai dijual.

Disc Blu-ray memang menjanjikan sebuah kapasitas penyimpanan yang besar, apalagi dengan berita terakhir yang menjanjikan penyimpanan hingga 67 GB. Tetapi bagaimana dengan harganya? Berapa banyak sih yang sanggup membeli disc Blu-ray yang harganya selangit? Hahahaha...

Namun, ada kabar gembira...
Peneliti dari Jepang telah berhasil menemukan bahan khusus yang digunakan untuk pembuatan sebuah disc yang bukan saja lebih murah, tetapi juga bisa menyimpan data lebih banyak.

Dengan penggunaan bahan titanium oxide, disc bisa mempunyai kapasitas ribuan kali lebih besar dari DVD atau menyamai dengan kapasitas sebuah disc Blu-ray. Titanium Oxide selain lebih murah, kita juga tidak perlu kuatir dengan masalah ramah lingkungan karena bahan ini sudah dikenal sebagai salah satu material yang ramah lingkungan.
Tentu saja hal ini bisa mengantikan posisi Blu-Ray disc atau mungkin membuat harga Blu-Ray disc lebih murah? Mungkinkah? Kita lihat saja nanti.

No comments:

Post a Comment