Pages

Sunday, June 6, 2010

JD EDWARDS (JDE) - Catatan Minggu 3 - 4

Lanjutan dari artikel sebelumnya, JD EDWARDS (JDE) - Catatan Minggu 1 - 2

Gw ingin menaruh hal apapun yang gw ingat tentang JDE di artikel ini.
Diharapkan lewat artikel ke-2 ini, tulisan gw jadi sedikit lebih rapih..

Oke pertama, gw akan coba merangkum minggu 3 - 4 yang gw dapet.

1. Mengenai objek, variabel dan constant pada JDE
Objek dibuat lewat menu Add pada window OMW (OLB - Object Librarian Objects)

Variabel pada JDE dibuat dari tombol/icon menu DATA DICTIONARY. Variabel pada JDE sangat banyak jumlahnya karena disesuaikan dengan jumlah field pada TABLE. Tetapi pada dasarnya hanya terdiri dari beberapa jenis (jika dibedakan menurut Data Type -nya. Hanya saja pembedaan pada Size nya lah yang membuatnya terbagi menjadi banya variabel berbeda.)

Constant pada JDE dapat dibuat lewat tombol/icon CONSTANT pada menu. Bisa dijuga dibuat dari drag n drop dari Bussiness View yang kemudian di DISCONNECT dan di delete variabel yang mengikutinya. (cth: constant dari DOCO)



2. Mengenai Prossesing Option (PO) pada Data Structure di OLB.
Prossesing Option dibuat dari -> Add -> Data Structure pada OLB.
Digunakan jika dibutuhkan inputan manual dari user. Contoh: mengisi nama (sifatnya selalu berubah-rubah, karena nama yang digunakan bisa berbeda pada setiap report yang mau dicetak)

Untuk saat ini, gw juga belum paham benar tentang PO. Tapi kira-kira begitu.

3. Fetch Single, Fetch Next sebagai JOIN jika pada SQL.
Pada JDE, untuk melakukan JOIN pada table, ataupun menghubungkan table lain yang tidak berhubungan pada BV yang dibuat, untuk di-fetch ke report, dapat menggunakan fungsi ini.
Jika diibaratkan dengan SQL, maka:

Fetch Single --> berarti statement WHERE xxx = xxx hanya untuk PRIMARY KEY saja. Kemudian field lainnya di-fetch / ditarik datanya.
Fetch Single hanya menggunakan 1 baris code.

Fetch Next --> berarti statement WHERE xxx = xxx bisa untuk semua key field (Primary ataupun tidak). Kemudian field lainnya di-fetch /ditarik datanya.
Fetch Next harus memiliki rules statement sebagai berikut:
- Open (pilih table yang mau di-fetch)
- Select (pilih key yang mau di cocokan / di WHERE )
- Fetch Next ( pilih field/key yang mao di-fetch)
- Close (pilih table yang di close)

4. Deploy
Sepertinya artinya menupload ke versi web applicationnya.. Jadi segala aplikasi/report/dll. yang sudah kita buat di fat client, kita upload ke web.
Proses deploy ini cukup belibet..
Ntar gw salin aja di artikel selanjutnya.. hahaha


Tentunya yang gw tulis disini hanya sebagian kecil aja. Sebenarnya yang gw pelajari cukup banyak n ngejelimet dan tidak mungkin gw rangkum dengan detail.
Untuk kemudiannya, gw hanya akan merangkum hal-hal yang sulit untuk gw ingat.
Sekali lagi, namanya juga catatan pribadi :p

2 comments:

  1. jde 8.11 tools 8.96
    egenerator pc
    check in check out release token
    package assembly pilih active/inactive package revision pilih object active inactive submit build success deploy exit
    launch egenerator login psft connect pilih object generate?
    Jangan dicoba karena ada yg kelewat.
    Coba versi nya beda apa mirip.
    Nga diupdate catatan nya cuman 2 artikel?

    ReplyDelete
  2. @anonymous

    yup gk di update krn capek nulis beginian... gk gitu tertarik.. hahahaha

    ReplyDelete