Saturday, April 9, 2011

Kebiasaan tidur dengan lampu menyala mempengaruhi imunitas tubuh


Dahulu saya pernah membaca suatu artikel kesehatan yang menyinggung soal hubungan tidur dengan lampu menyala dan imunitas tubuh.
Tahukah anda bahwa tidur dengan lampu menyala ternyata dapat mempengaruhi imunitas tubuh?

Sebagian besar orang banyak yang mempunyai kebiasaan tidur sambil menyalakan lampu. Berbagai alasan dilontarkan dari yang takut sama gelap, tidak enak, dll. Penelitian dari MMI Harvard University melakukan penelitian dan menyatakan bahwa tidur dengan sinar lampu akan menghambat pemulihan sistem imunitas tubuh (kekebalan tubuh / antibodi). Sehingga sebagian besar orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala akan lebih mudah sakit dibanding orang yang tidur tanpa disinari nyala lampu.

Sebagai tambahan informasi, bahwa di dalam tubuh kita terdapat hormon melatonin (dihasilkan oleh kelenjar pineal yang berbentuk kerucut di otak) yang mengatur regulasi sebagian besar siklus hormon di dalam tubuh dan ritme tubuh kita sehari-hari, yang biasanya terjadi dalam siklus tidur kita.

Produksi hormon melatonin yang banyak (cukup) pada waktu malam hari akan membantu proses tidur kita. Nah, untuk menstimulasi jumlah hormon ini, dapat dibantu dengan mematikan lampu pada saat tidur, sebaliknya akan menurun jika lampu tetap menyala. 
Dengan kata lain, kadar melatonin yang tinggi dapat membantu proses tidur yang nyenyak/pulas atau cepat. Nah oleh karena itu, biasanya orang yang insomnia adalah orang yang memiliki kadar melatonin yang rendah dalam tubuh.
Sebagai catatan (fakta) : Anak muda/remaja memiliki kadar melatonin lebih tinggi dari pada orang dewasa. Itulah makanya sering terjadi kesulitan tidur / insomnia pada orang dewasa.

Melatonin ini juga telah mampu disintesis untuk dijadikan obat bagi mereka yang terkena insomnia.
Nah, semoga bermanfaat informasi nya..

sumber:
http://www.umm.edu
http://www.nlm.nih.gov

Kalo ada salah, mohon dikoreksi ya :)

No comments:

Post a Comment