Pages

Wednesday, April 20, 2011

Hydronium Bromide

Kembali ke topik yang santai.
Baru-baru ini nonton film berjudul After Life (2009) via DVDRIP yang diperankan oleh Christina Ricci, Liam Neeson dan Justin Long.
Amat disayangkan saya melihat film After Life ini baru akan tayang di 21 Cineplex pada bulan April 2011 (saat tulisan ini dibuat).
Film yang menurut saya "yah boleh lah" dengan rate 7/10 karena saya tidak suka dengan endingnya yang kurang memuaskan hati saya :p

Film ini mengupas sedikit hal yang menarik minat penasaran saya, yaitu drugs / obat yang bernama Hydronium Bromide.
Googling - googling sana sini deh, tapi karena saya bukan background kimia dan hanya modal studi yang pernah didapat selama SMA (sekarang uda lupa), jadi saya cuman cukup tau aja beberapa hal penting.

1. Pernyataan tentang Hydronium Bromide dapat digunakan untuk membuat seseorang lumpuh, berhenti bernapas, jantung berhenti, selama beberapa saat (dalam film After Life) yang dapat mengelabui orang lain percaya bahwa dia mati (orang yang mengkonsumsi Hydronium Bromide).
Adalah FIKTIF! Bahasa trennya mungkin :HOAX
2. Fakta yang saya temukan untuk senyawa sejenis adalah Hydrogen Bromide dan Hydrobomic Acid.
3. Hydronium Bromide kalo dirumuskan secara senyawa adalah :
H3O+ dan Br- yang notabene tidak dapat dibuat/disintesis hasil senyawa kimianya (Correct Me If I'm Wrong)
4. Jika dipisahkan, Hydronium dan Bromide adalah senyawa kimia dan ion yang REAL/FAKTA.
5. Bromide adalah hasil oksidasi dari atom Bromine dengan negatif 1.
6. Hydronium adalah hasil dari oxonium ion dan pronisasi H2O (air).

Kesimpulannya, setiap hal - hal yang disebutkan di film - film belum tentu benar adanya, jadi kita musti berpikir kritis dan mencari informasi / fakta-faktanya terlebih dahulu sebelum menyimpulkan bahwa fakta-fakta yang ada di dalam film fiktif tersebut benar adanya..

Hope this article is useful for us :)

2 comments:

  1. Memang not real, intinya dalam film itu dibuat seakan2 ada cairan bernama hydronium bromide yg ceritanya, kalo disuntikkan bisa membuat orang terlihat seakan2 mati, mengenai fungsi ini dijelaskan oleh salah seorang polisi di Kantor Polisi saat Long mendesak kepala polisi untuk memeriksa kebenaran hidup-matinya Ricci.

    ReplyDelete
  2. ow...gek macam itu..

    ReplyDelete