Thursday, September 22, 2011

Fast Dormancy Feature

Sehubungan dengan ketertarikan saya yang tinggi terhadap platform Android, telah menyeret saya kedalam suatu lingkaran teknologi gadget. Hahahaha lebai abis :p

Yap, tidak lain adalah Fast Dormancy.

Sebenarnya tinggal googling aja maka sudah bisa tau apa itu Fast Dormancy dan apa kegunaannya.
Membaca dari artikel berita IDG News di ComputerWorld.com (2010 bulan 2), saya menemukan apa itu Fast Dormancy.

Fast Dormancy adalah sebuah feature pada operator seluler dan providernya dalam upaya meningkatkan peforma smartphone yang juga menurunkan tingkat kemacetan pada jaringan telekomunikasi.
Fast Dormancy sudah distandarisasi oleh Nokia Siemens Network dan Qualcomm. Pendekatan yang dilakukan pada feature ini adalah memutuskan koneksi jaringan ketika informasi sudah dikirim atau diterima. Akan tetapi, koneksi putus-nyambung yang konstan ini dapat mengakibatkan penuhnya traffic pada jaringan seluler. Karena adanya connect dan disconnect akan meningkatkan traffic sinyal, menurunkan peforma jaringan.

Karena itu, standarisasi baru oleh kedua perusahaan tersebut akan membuat sedemikian rupa sehingga komunikasi antara smartphone dan jaringan telekomunikasi akan memperhatikan tingkat lalu lintas jaringan. Tes ini sudah dilakukan oleh jaringan operator Nokia Siemens dan chipset dari Qualcomm.
Dengan begitu peforma jaringan akan lebih baik dan baterai smartphone akan lebih irit.


Akan tetapi tidak semua operator seluler mendukung fast dormancy. Jika feature ini dinyalakan pada smartphone anda sedangkan operator seluler terkait tidak menyediakan fitur fast dormancy terbaru ini, maka yang terjadi sebaliknya: pemborosan baterai berlebih!!

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya ada setup khusus yang bisa menonaktifkan fast dormancy pada smartphone. Tergantung dari jenis Operating System ataupun Vendornya/Merk, fast dormancy dapat dimatikan lewat kode khusus. (Biasanya hanya smartphone - smarphone high end yang mendukung feature fast dormancy)

Contoh pada samsung android (kebetulan saya pakai samsung),
Buka phone dialer, ketik *#9900# --> Call --> disable fast dormancy

Saya tidak tau apakah kode tersebut compatible pada semua Android high-end atau hanya pada Samsung Android. Untuk memastikan operator seluler yang anda gunakan mendukung fast dormancy, anda bisa menanyakan pada customer service.

Sumber: 
http://www.computerworld.com
http://www.xda-developer.com

Jika ada salah, mohon koreksinya :)
Maksud hati hanya mao sharing yang saya tau kok :D

4 comments:

  1. operator diindonesia yg udah mendukung fitur fast dormancy ini ada gak ya?

    ReplyDelete
  2. Hmm.. mungkin ada, tapi saya yang belum tau. Harus bertanya pada orang yang tepat :)

    ReplyDelete
  3. Sekarang sudah ada operator yang mendukung fitur ini, contohnya Tri yang sudah menghidupkan fitur EFD/Enhanced Fast Dormancy sejak awal 2014

    Hendra

    ReplyDelete
  4. apakah ada'nya fitur ini, menjadi boros battery ??

    ReplyDelete